Jakarta –
Dorna Sports mengumumkan beberapa pembaruan yang akan hadir di motor MotoGP tahun 2027. Tiga tahun lagi, motor MotoGP akan mengalami beberapa rombakan, dari kapasitas mesin yang mengecil, hingga sistem aerodinamika yang dibatasi.
Secara umum, beberapa aspek yang diubah di MotoGP adalah mesin, bahan bakar, aerodinamika, perangkat ride-height dan hole-shot, data GPS, konsesi mesin, juga fairing. Berikut detailnya seperti dikutip dari Crash:
Mesin
Mulai 2027 kapasitas mesin akan dikurangi dari 1000 cc menjadi 850 cc. Dengan pengurangan kapasitas mesin, diharapkan top speed motor MotoGP bisa dikurangi, sehingga membuat balapan kasta tertinggi ini lebih aman.
Selain kapasitas mesin yang dikurangi, jumlah maksimal mesin untuk satu musim juga dikurangi dari tujuh menjadi enam. Dengan peraturan ini, MotoGP diharapkan jadi lebih efisien.
Bahan Bakar
Perubahan lain yang dilakukan adalah bahan bakar. MotoGP 2027 akan menggunakan 100% bahan bakar ramah lingkungan, meningkat dari jumlah minimal 40% yang dipakai sejak 2024.
Berbarengan dengan perubahan bahan bakar, kapasitas tangki bahan bakar juga akan dikurangi dari 22 liter menjadi 20 liter. Pebalap diperbolehkan memakai 11 liter selama balap sprint.
Aerodinamika
Hal lain yang diubah adalah sistem aerodinamika. Aerodinamika akan dikurangi dan dikontrol lebih ketat mulai tahun 2027, dengan tujuan meminimalkan dampak negatifnya.
Dalam aturan baru, lebar bagian atas fairing depan akan lebih sempit 50 mm dan hidung akan didorong ke belakang 50 mm, sehingga mengurangi efek aero di area penting, terutama di jalan lurus dan area pengereman. Perubahan ini diyakini akan menciptakan balapan yang lebih ketat, dengan lebih banyak aksi menyalip.
Sementara di bagian belakang, aero belakang atau lazim disebut sebagai Stegosaurus akan menjadi bagian dari homologasi mulai tahun 2027, dan tim hanya diperbolehkan memperbaruinya satu kali per musim.
Perangkat Ride-Height dan Hole-Shot
Di era baru mulai 2027, semua perangkat ride-height dan hole shot akan dilarang. Itu akan mengontrol performa dan membuat balapan lebih aman, terutama saat balapan dimulai. Hal ini juga diyakini akan mengeluarkan skill masing-masing pebalap, seperti halnya aero yang bertujuan meningkatkan kemampuan menyalip.
Bocoran regulasi MotoGP 2027 Foto: Dok. MotoGP
|
Data GPS
Untuk membuat kompetisi semakin adil, data GPS dari semua pebalap akan tersedia untuk semua tim setelah setiap sesi. Artinya, akses data lebih terbuka, sehingga nanti setiap tim bisa meningkatkan kemampuan saingnya.
Konsesi
Sistem konsesi yang diperkenalkan pada akhir musim 2023, akan terus berlanjut, tetapi seiring dengan berlakunya peraturan teknis baru pada tahun 2027, semua pabrikan akan memulai musim di peringkat B.
Mereka kemudian akan dinilai lagi pada pertengahan musim buat menentukan naik turunnya peringkat mereka. Ini yang menentukan lebih banyak atau lebih sedikit konsesi yang mereka dapatkan.
Simak Video “Jorge Martin Puas di Sprint Race, Pede Tatap Balapan MotoGP Qatar“
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)