
Jakarta –
PT Toyota-Astra Motor (TAM) kini memiliki Direktur Marketing baru. Jap Ernando Demily, yang sebelumnya menjabat sebagai Chief Executive Officer Auto2000 didapuk menjadi Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM). Sementara Marketing Director PT TAM sebelumnya, Anton Jimmi Suwandy, kini menjabat sebagai CEO Auto2000.
Ernando bukan orang baru di dunia otomotif. Dia sudah malang melintang di industri otomotif dengan menjabat posisi penting di beberapa merek kendaraan, khususnya di bawah grup Astra.
“Saya 10 tahun bareng Daihatsu, kemudian hampir 4 tahun bareng sama BMW, kemudian 1 tahun di UD Truck, lalu 8 tahun sama Isuzu. Dan 2 tahun yang lalu saya di Auto2000, dan mulai kemarin tepatnya (17/3/2025), saya tukar guling sama Pak Anton (Anton Jimmi Suwandy),” kata Ernando saat pengenalan di acara buka puasa bersama di Jakarta, Selasa (18/3/2025) malam.
Di beberapa merek otomotif di bawah PT Astra International, Ernando menjabat posisi penting. Di Auto2000, dia menjadi CEO selama 2 tahun. Lalu di PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Ernando menjadi Presiden Direktur dan Wakil Presiden Direktur. Di UD Truck dan BMW Astra pun Ernandi menjadi CEO.
Menjabat sebagai Direktur Marketing di PT TAM membuat Ernando harus meneruskan perjuangan Anton Jimmi. Apalagi, saat ini Toyota masih menjadi penguasa pasar otomotif Indonesia dengan pangsa pasar 34,6 persen (wholesales Januari-Februari 2025).
“Sebenarnya apa yang dilakukan sama teman-teman TAM selama ini,under the leadership-nya Pak Anton Jimmi, ya udah tepat. Tugas saya tinggal meneruskan sampai yang udah baik lah,” kata Ernando.
“Meneruskan apa yang udah baik yang selama ini dijalankan oleh Mas Anton, under leadership-nya Mas Anton, tadi kan juga kita dengar market share membaik, after sales membaik, brand equity membaik.Nah, tugas saya adalah melanjutkan apa yang udah baik. Supaya Toyota bisa tetap lebih baik, jadi pilihan utama untuk masyarakat di Indonesia. Karena fondasi yang udah diterapin sih, menurut saya very strong ya, very good,” ucapnya.
(rgr/din)