
Sebagai catatan, CVT elektrik di Yamaha Nmax terbaru ini menjadi yang pertama dan tercanggih di kelasnya. Para kompetitor Nmax belum memiliki teknologi tersebut. YECVT pun menjadi standar baru di segmen skutik maxi 150-160 cc.
Yamaha Nmax Turbo Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)
|
Pada sistem YECVT Yamaha Nmax Turbo, komponen roller di pulley depan atau pulley primer ditanggalkan. Buat mengatur elastisitas atau pergerakan pulley depan, maka digunakanlah motor penggerak yang bekerja berdasarkan perintah TCU atau Transmission Control Unit. TCU akan mendapatkan sensor primary maupun secondary.
Singkatnya, dengan YECVT, pengendara Nmax Turbo bisa memaksa putaran pulley lebih cepat. Beda dengan sistem CVT konvensional yang menggunakan roller, di mana roller bekerja dengan memanfaatkan gaya sentrifugal dan sangat bergantung dengan besar-kecil bukaan throttle gas.
Mendukung pengoperasian sistem YECVT, Yamaha membekali tombol Y-Shift, yang letaknya ada di bawah tombol klakson. Dengan tombol Y-Shift, pengendara bisa melakukan akselerasi secara instan layaknya sensasi ‘turbo’ dengan tiga tingkatan, Low (1), Medium (2), dan High (3) sehingga cocok dioperasikan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, ataupun saat berkendara secara berboncengan.
![]() |
Tidak hanya saat akselerasi, Y-Shift juga dapat digunakan untuk melakukan deselerasi kecepatan motor. Jadi fitur ini sangatlah berguna saat pengendara menghadapi jalanan menurun yang ekstrem dan juga ketika masuk ke tikungan (cornering).
Berdasarkan pengetesan internal Yamaha, fitur turbo diklaim bisa membuat Nmax tambah kencang dari segi akselerasi. Menurut Yamaha, Nmax Turbo bisa berakselerasi dari titik nol ke 100 m dalam waktu 7,2 detik. Sedangkan Nmax versi sebelumnya memakan waktu 7,43 detik untuk berakselerasi dari titik nol ke 100 m.
Selain itu, Nmax Turbo diklaim mampu berakselerasi lebih cepat untuk menempuh jarak 200 m dibandingkan dengan Nmax generasi sebelumnya, dengan selisih jarak terpaut 9,2 meter. Kemudian pada pengetesan menanjak dengan kemiringan 10 derajat dengan jarak 150 m, Nmax Turbo diklaim bisa mencapainya dalam 11,73 detik, sedangkan Nmax generasi sebelumnya memakan waktu 12,33 detik.
![]() |
Keuntungan lain dengan adanya teknologi YECVT ini adalah, Nmax Turbo jadi bisa memiliki fitur pilihan berkendara alias riding mode. Ada dua mode berkendara, yaitu T-Mode (Town Commuting) dan juga S-Mode (Sport Touring), yang dapat dioperasikan melalui tombol ‘mode’ pada bagian depan setang kemudi kiri.
T mode cocok digunakan untuk di jalanan perkotaan dengan kondisi jalan yang rata dan situasi stop and go. Sedangkan S mode bisa digunakan untuk touring, melewati jalan menanjak, berboncengan, dan bermanuver.