
Jakarta –
Toyota mencatat 2.700-an SPK selama 11 hari pameran IIMS 2025. Innova Zenix Hybrid mendominasi SPK tersebut.
Jumlah SPK yang dicatat PT Toyota Astra Motor pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025 mengalami peningkatan 7,4 persen dibandingkan torehan tahun lalu. Pada IIMS yang digelar 13-23 Februari 2025 ini, Toyota mencatat 2.728 SPK. Berdasarkan catatan Toyota, peningkatan ini didorong oleh naiknya penjualan elektrifikasi jenis hybrid.
Dari sejumlah model yang ditawarkan, Kijang Innova Zenix Hybrid jadi primadona. MPV bertenaga hybrid itu mencatat 614 SPK. Selanjutnya ada Toyota Avanza dengan 335 SPK menempati posisi ke-2 yang diikuti Rush di posisi ke-3 dengan 216 SPK. Kijang Innova Zenix Gasoline mengikuti di urutan ke-4 dengan 181 SPK, serta Innova Reborn mendapatkan 174 SPK sehingga berada di posisi ke-5.
“Kami sangat mengapresiasi antusiasme pelanggan terhadap produk-produk Toyota di IIMS 2025, terutama terhadap pilihan kendaraan elektrifikasi seperti Kijang Innova Zenix Hybrid yang kembali mendominasi SPK. Dukungan pemerintah melalui pemberian insentif pajak, serta persiapan libur lebaran semakin meningkatkan minat masyarakat terhadap kendaraan ramah lingkungan. Pencapaian ini merupakan sinyal positif bahwa industri otomotif terutama Hybrid akan terus bergerak naik sejalan trend mobilitas ramah lingkungan, sekaligus mendorong roda perekonomian karena diproduksi di dalam negeri,” kata Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto dalam siaran persnya.
Kijang Innova Zenix Hybrid kembali memimpin penjualan Toyota di IIMS, mencerminkan kepercayaan tinggi masyarakat terhadap teknologi Hybrid Toyota. Medium MPV ini menarik perhatian berkat teknologi modern, serta DNA Toyota Kijang yang tetap terjaga dalam fungsionalitas, ketangguhan, dan keandalannya.
Sejalan inisiatif Beyond Zero, model Hybrid Toyota terus mendapatkan respons positif dari masyarakat. Model Hybrid Toyota menggabungkan efisiensi bahan bakar, performa optimal, dan teknologi ramah lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di Indonesia. Selain itu, model Hybrid Toyota dibangun di atas all new platform dengan obyektif untuk meningkatkan kualitas berkendara, baik dari sisi comfort, handling, dan safety.
“Peningkatan minat terhadap kendaraan hybrid salah satunya didorong oleh kebijakan pemerintah memberikan insentif PPnBM 3%, sehingga harganya lebih kompetitif. Selain itu, perhelatan IIMS 2025 berdekatan pula dengan momen libur Lebaran sehingga merupakan waktu yang tepat untuk mempersiapkan solusi mobilitas baru sekaligus memulai gaya hidup ramah lingkungan,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.
Sebagai mobility company, Toyota berkomitmen untuk menghadirkan solusi mobilitas yang lengkap dan andal untuk berbagai segmen dan kalangan. Penghargaan ini mencerminkan upaya Toyota dalam menghadirkan kualitas dan inovasi di berbagai segmen, baik passenger maupun commercial car. Toyota berharap dapat terus menjadi bagian dari solusi mobilitas yang lebih baik bagi masyarakat secara berkelanjutan.
“Kami berterima kasih atas dukungan Pemerintah Indonesia kepada Hybrid EV buatan dalam negeri atas insentif pajak yang menguntungkan masyarakat. Support tersebut menjadi faktor utama dalam meningkatnya minat masyarakat terhadap Hybrid Toyota, di samping kian pedulinya masyarakat terhadap isu lingkungan berkat edukasi yang terus kami gaungkan. Sejalan kebijakan Net Zero Emission (NZE) 2060, Toyota berharap trend positif ini dapat berkembang secara berkelanjutan guna mendukung ekosistem kendaraan rendah emisi di Indonesia,” tutup Anton.
(dry/din)