Jakarta –
Sebuah potongan video dengan narasi seorang konsumen merasa dirugikan saat mengisi BBM viral di media sosial. Konsumen itu mengaku isi BBM Rp 150.000, namun saat meminta struk ternyata hanya terisi Rp 100.000.
Pjs Area Manager Communication, Relations & CSR Regional Jawa Bagian Barat, Muslim Dharmawan mengatakan, peristiwa itu terjadi di SPBU 34.16915 Jl Akses Baru Buperta, Harjamukti, Kecamatan Cimanggis Kota Depok. Menurutnya, permasalahan itu terjadi karena adanya kesalahpahaman antara konsumen dan operator.
“Adanya pemberitaan mengenai keluhan konsumen saat mengisi BBM jenis Pertalite di SPBU 34.16915 di Jl. Akses Baru Buperta, Harjamukti Kecamatan Cimanggis Kota Depok pada Minggu (23/6) pukul 21.35 WIB yang disebabkan adanya kesalahpahaman jumlah pengisian BBM antara konsumen dengan operator SPBU,” katanya dalam keterangan yang diterima detikcom, Selasa (25/6/2024).
Dia mengatakan, konsumen dan pihak SPBU telah bertemu. Berdasarkan penelusuran, operator hanya menerima Rp 100.000. Ia mengatakan, tidak ditemukan transaksi Rp 150.000.
“Konsumen dan pihak SPBU telah bertemu untuk menyelesaikan kesalahpahaman tersebut. Berdasarkan hasil penelusuran informasi, operator menerima uang sebesar Rp100.000 dari konsumen dan sudah melakukan konfirmasi jumlah pengisian sebelum mengisi BBM ke kendaraan serta dari hasil pengecekan dashboard transaksi dan CCTV, tidak ditemukan transaksi dengan nilai sebesar Rp 150.000,” jelasnya.
Atas persoalan tersebut, pihaknya kemudian memberikan pembinaan kepada seluruh petugas operator SPBU untuk mengutamakan faktor 3S saat memberikan pelayanan.
“Selanjutnya dilakukan tindak lanjut dengan memberikan pembinaan kepada seluruh petugas operator SPBU untuk mengutamakan faktor 3S (Salam, Senyum, Sapa) saat pelayanan kepada konsumen dan menjalankan SOP konfirmasi jumlah pengisian BBM serta lebih teliti dalam melayani pembelian BBM,” katanya.
Lihat juga Video: Pelaku Penyalahgunaan BBM Subsidi di SPBU Talang Padang Ditangkap
[Gambas:Video 20detik]
(acd/ara)