Jakarta –
Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 tak hanya dijadikan tempat peluncuran produk mobil dan motor baru, tapi juga ada peluncuran kendaraan niaga seperti bus umum. Salah satu yang menarik adalah bus Hino yang menggunakan sasis AK 240 Space Frame. Bus ini punya bagasi belakang super luas.
Hino Bus AK 240 dengan aplikasi bodi baru untuk bus besar bermesin depan yang dipamerkan di GIIAS 2024 merupakan bus milik PO Bagong. PO Bagong membeli 29 unit Hino Bus AK 240 di tahun 2024.
Hino AK 240 Space Frame Foto: Luthfi Anshori/detikOto
|
Berlokasi di booth PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), bus ini menampilkan desain rangka ruang belakang space frame yang memberikan area kargo lebih luas. Bus ini hadir dengan berbagai keunggulan yang menjadikannya solusi ideal bagi bisnis transportasi antar kota antar provinsi, antar kota dalam provinsi, serta bus pariwisata.
Ruang bagasi lebih besar memungkinkan perusahaan bus untuk memuat lebih banyak barang dalam satu perjalanan, baik itu perjalanan jarak jauh maupun wisata. Hal ini mengurangi kebutuhan untuk pengangkutan tambahan, menurunkan biaya operasional, dan meningkatkan efisiensi bisnis.
“Hino Bus AK 240 dengan desain rangka ruang belakang space frame bisa menjadi pilihan menarik bagi PO karena ini kombinasi optimal antara kinerja dan efisiensi. Desain aplikasi bodi baru ini menawarkan ruang bagasi lebih besar buat mengangkut lebih banyak barang penumpang,” kata Susilo Darmawan, Sales Director HMSI.
Hino AK 240 Space Frame Foto: Luthfi Anshori/detikOto
|
Ditenagai mesin Euro4 dengan tenaga maksimal 240 PS, Bus Hino AK 240 menawarkan performa yang andal, juga ramah lingkungan. Transmisi MX06 dengan 6 percepatan serta GVW (Gross Vehicle Weight) sebesar 15 ton, bus ini diklaim mampu menghadapi berbagai medan dan kondisi jalan dengan efisiensi bahan bakar yang baik dan emisi yang rendah.
Bus Hino AK 240 turut menggunakan sistem pengereman full air brake yang meningkatkan aspek keselamatan saat beroperasi. Sistem pengereman ini menggunakan udara bertekanan untuk menghasilkan gaya pengereman yang responsif, memastikan operasional yang lebih aman. Selain itu dengan penggunaan baut roda sistem ISO-10 yang sesuai dengan standar internasional. Hal ini memberikan ketenangan pikiran bagi pengemudi karena komponen bus dirancang untuk memenuhi standar keselamatan yang mumpuni.
(lua/rgr)