Jakarta –
Setelah sebelumnya detikOto berkesempatan untuk mengetes harian Tank 500 HEV, kini kami diundang oleh Great Wall Motor (GWM) Indonesia untuk menjajal ‘adiknya’ yakni Tank 300 HEV di jalur offroad.
Tak tanggung-tanggung, GWM mengajak awak media untuk mengetes Tank 300 HEV edisi terbaru yang sudah dilengkapi dengan part modifikasi Fury Edition. Tes ini juga kami lakukan di medan yang sulit, tepatnya di trek offroad Desa Pelangi Sentul yang tanahnya licin usai hujan.
GWM Tank 300 HEV Fury Edition Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
|
Namun begitu masuk ke dalam kabin Tank 300 HEV perasaan tenang mulai menyelimuti. Hal itu karena ada around view monitor atau yang disebut GWM dengan 360 degree Intelligent Off-Road Driving. Dengan fitur ini kita dapat lebih peka dengan kondisi sekitar.
Meski sayang, ketika masuk jalur berlumpur, fitur around view monitor ini jadi kurang terpakai lantaran tertutup oleh tanah. Harusnya GWM bisa memberikan fitur pembersihnya sekalian, agar tetap bisa berguna ketika kondisinya ekstrem.
Oh iya, sebelum mulai offroad, kami memastikan bahwa Front and Rear Differential Locks di mobil ini sudah aktif. Sebab, kondisi tanah saat kami start sudah tak bersahabat, ditambah ban yang kami gunakan adalah ban dengan karakter RT atau Rough Terrain, sehingga lebih aman jika locker gardan depan-belakang diaktifkan.
“Wow!,” Mungkin itu kata yang berulang kali keluar dari mulut kami. Sebab, ternyata GWM Tank 300 ini piawai sekali untuk melahap jalur berlumpur yang sangat susah dilewati.
Hadirnya mesin 2.000 cc hybrid yang cukup ‘nampol’ juga kian memudahkan rodanya untuk berputar secara efektif di medan terjal. Belum lagi, kehadiran ground clearance setinggi 224 mm dan sudut masuk-keluar yang fleksibel juga membuat kami tak ragu saat berartikulasi di jalan yang tidak rata.
GWM Tank 300 Fury Edition Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
|
Bicara soal tidak ragu, karena GWM Tank 300 yang kami tes adalah yang edisi Fury, maka rasa percaya diri kian bertambah.
Bagaimana tidak? Kehadiran bumper depan dan belakang berbahan dasar besi membuat rasa percaya diri jadi semakin tinggi sebab tak khawatir ketika harus mentok. Di sisi lain, kehadiran rambler side step juga membuat bagian samping bawah Tank 300 yang kami kendarai ini juga aman dari benturan.
Modifikasi ‘siap offroad’ yang ditawarkan GWM pada paket Fury Edition memang membuat Tank 300 HEV menjadi andal untuk offroad. Namun menurut kami, tanpa paket modifikasi pun, dengan sekadar mengganti ban mobil ini menggunakan ‘ban ‘tahu’ atau Mud Terrain sudah cukup untuk membuatnya siap ke mana-mana.
(mhg/rgr)