Jakarta –
Chery Motor Indonesia resmi mengekspor perdana 120 unit Omoda 5 untuk pasar Vietnam. Tentunya ada sedikit perbedaan antara unit Omoda 5 yang dipasarkan di Indonesia dengan Omoda 5 yang dijual ke Vietnam.
Perbedaan paling jelas adalah posisi setir atau kemudi. Omoda 5 versi ekspor ke Vietnam ini menggunakan posisi kemudi di bagian kiri, berbeda dengan kemudi Omoda 5 buat pasar Indonesia yang ada di sebelah kanan.
Selebihnya, ada perbedaan-perbedaan kecil lainnya yang membedakan Omoda 5 versi Indonesia dengan Omoda 5 versi Vietnam ini. Sayangnya, pihak Chery tak memberi tahu lebih detail perbedaan tersebut.
“Setiap pasar, termasuk Vietnam, preferensi konsumennya berbeda-beda. Jadi kita agak susah untuk membandingkan secara head to head, karena pasti ada kurang, pasti juga ada lebih. Jadi memang agak sedikit beda (antara Omoda 5 Indonesia dan Vietnam),” ungkap Executive Vice President of Chery International Chen Chunqing di Cikarang belum lama ini.
Memang agak sulit membedakan Omoda 5 Indonesia dan Vietnam. Dari segi eksterior misalnya, desain luar termasuk pilihan warna keduanya sangat mirip. Kemudian jantung pacunya juga identik, yakni 1.500 cc turbo. Namun dari grille terlihat ada perbedaan mencolok. Omoda 5 versi Indonesia, terdapat logo Chery di bagian grille depan. Sementara pada versi Vietnam, tak tersemat lagi logo Chery. Di kap mobil terdapat tulisan ‘Omoda’.
Diketahui, pada tahap awal pengiriman, Chery mengekspor sebanyak 120 unit Omoda 5 ke Vietnam. Selanjutnya, Chery menargetkan mengapalkan 500 unit Omoda 5 setiap bulannya ke negeri naga biru. Pada tahun pertama, Chery menargetkan bisa mengekspor sebanyak 5.000 unit Omoda 5 ke Vietnam.
Chen Chunqing mengatakan, ekspor Chery Omoda 5 ke Vietnam adalah langkah awal dari rencana ekspansi Chery Motor Indonesia ke pasar global. Selain melakukan kegiatan Completely Knocked Down (CKD) di Indonesia, Chery Motor Indonesia juga berkomitmen untuk mengekspor produk-produk terbaiknya ke berbagai negara di dunia.
“Kami percaya bahwa produk-produk Chery memiliki potensi besar untuk bersaing di pasar global. Dengan kualitas dan teknologi yang terus ditingkatkan, kami yakin mampu memenuhi ekspektasi konsumen di berbagai negara,” bilang Chen.
(lua/dry)