Jakarta –
Presiden Prabowo Subianto menginstruksikan agar layanan internet dapat dinikmati masyarakat tanpa kendala selama Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).
Staf Khusus Bidang Strategi Komunikasi dan Hubungan Publik BUMN, Arya Sinulingga, mengatakan Prabowo telah memberikan arahan kepada Kementerian BUMN yang dalam hal ini dilakukan oleh Telkom Group guna menjaga kualitas telekomunikasi selama momen Nataru.
“Kita tahu Pak Prabowo itu meminta supaya BUMN juga membuat kenyamanan, ketenangan, keamanan, dan kelancaran dari masyarakat yang akan melakukan kegiatan Nataru, baik untuk ibadah maupun untuk liburan. Dan, kali ini kita ada di Telkom dan Telkomsel menyampaikan informasi bagaimana kesiapan mereka untuk Nataru ini,” ujar Arya di Gedung Grha Merah Putih, Jakarta, Senin (16/12/2024).
Disampaikannya, Kementerian BUMN memantau persiapan layanan Telkom Group agar nantinya masyarakat tidak mendapat kendala kesulitan mengakses internet ketika terjadi lonjakan trafik selama Nataru.
“Jadi, nanti ada posko kita di berbagai daerah seluruh Indonesia dan ini total kira-kira ada mungkin 15 ribu personil yang terlibat dengan kesiapan ini. Untuk tadi, memastikan bahwa layanan Telkomsel itu akan cepat bekerja dengan baik, sehingga kesejahteraan tadi,” tuturnya.
Telkom memastikan kesiapan jaringan miliknya dapat beroperasi maksimal dengan penambahan kapasitas menjadi 56,7 Tbps atau ada kenaikan 40% dari periode sebelumnya sebesar 41,2 Tbps.
“Jadi, peningkatan kapasitas dan coverage jaringan. Selama ini di periode Nataru kita tambah kapasitas, baik itu di Telkomsel maupun di sisi Telkom. Kalau di kapasitas, di jaringan kita di Telkom, itu kita tambah paling nggak 40% karena banyak masyarakat yang pergi,” kata Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah.
Pada kesempatan yang sama, Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko, mengatakan pada Nataru saat ini pihaknya telah mendeteksi 409 Point of Interest (POI) yang akan jadi penumpukan trafik telekomunikasi di momen tersebut. Sehingga agar layanan berjalan lancar, dilakukan penguatan jaringan di lokasi tersebut.
Adapun, POI yang diperkuat sinyal internetnya itu berada di mal, pusat keramaian kota, rute mudik seperti bandara, pelabuhan, stasiun, tol, rest area, residensial di lokasi tujuan mudik, hingga area peribadahan.
“Kita komitmen untuk deliver customer experience yang excellent untuk seluruh segment customer. Saat ini, ada 9,4 juta pelanggan fixed broadband IndiHome dan 158 juta mobile Telkomsel. Nah, ini biasanya, selama Nataru ada sinyal stabil, koneksi internet cepat, streaming lancar, ini semua kita antisipasi di seluruh 409 POI,” papar Herlan.
(agt/fay)