
Jakarta –
Penjualan Kijang Innova Reborn dan Innova Zenix berbeda tipis. Selisih penjualan keduanya hanya 187 unit.
Kijang Innova Reborn dan Innova Zenix masih sama-sama laris. Sekalipun salah satunya mengusung wajah lama yaitu Innova Reborn, nyatanya masih banyak diburu masyarakat dalam negeri. Selisih penjualan Innova Reborn dan Innova Zenix pun tak terpaut jauh.
Dalam data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari 2025, Kijang Innova Reborn terdistribusi sebanyak 2.492 unit, sementara Innova Zenix 2.679 unit. Jika dihitung, selisih penjualannya hanya terpaut 187 unit.
Meski sama-sama laris, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengungkap karakter pembeli Innova Zenix dan Reborn berbeda cukup signifikan dari sisi wilayah. Anton menuturkan, pembeli Innova Zenix kebanyakan di Pulau Jawa sedangkan Innova Reborn justru sebaliknya.
“Berdasarkan data kami, pembeli Kijang Innova Reborn kebanyakan berada di beberapa wilayah Jawa dan luar Jawa di mana fokus penggunanya lebih ke fungsional dan cocok melibas berbagai kondisi jalan,” tutur Anton kepada detikOto belum lama ini.
Di sisi lain, Innova Reborn masih banyak digunakan oleh konsumen dari kalangan perusahaan ataupun rental, baik perusahaan ataupun perorangan.
“Sedangkan mostly pengguna Kijang Innova Zenix fokus di Pulau Jawa dari private customer yang memang lebih mengutamakan mesin bensin yang dihadirkan serta opsi mesin hybrid,” lanjut Anton.
Spesifikasi Mesin Kijang Innova Zenix vs Innova Reborn
Kalau berkaca dari sisi fitur, Innova Zenix lebih lengkap, bahkan lebih ramah lingkungan dengan opsi mesin hybrid. Sebagai informasi tambahan, Kijang Innova Zenix versi bensin mengusung mesin 2.000 cc berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine. Mesin berkapasitas 1.987 cc empat silinder dual VVT-i ini menghasilkan tenaga hingga 174 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 204,9 Nm. Sementara varian hybrid menggabungkan mesin TNGA 2.000 cc M20A-FXS (152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm) dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Hasilnya, tenaga gabungan mencapai 186 PS.
Sementara itu, Toyota Kijang Innova Reborn diesel dilengkapi dengan mesin berkode 2GD FTV empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm.
Sedangkan Innova bensin hadir dengan mesin berkode 1TR-FE empat silinder segaris 16 katup DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.998 cc. Tenaga maksimal mesin bensin itu mencapai 139 PS pada 5.600 rpm dengan torsi maksimal 183,3 Nm pada 4.000 rpm. Innova bensin ditawarkan dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan.
(dry/rgr)