Jakarta –
Pemilik kedai sering dapat keluhan dari pembeli tentang pelayanan yang buruk. Iapun meminta maaf secara tulus dan mendapatkan banyak pujian.
Menjalan bisnis makanan memang tak mudah, selain harus menciptakan menu yang kreatif dan enak, para pemilik tempat makan juga harus memperhatikan pelayanan yang diberikan pegawai ke pembeli.
Seperti yang dilakukan pemilik kedai makanan bernama Christopher Lin. Dilansir dari AsiaOne (13/12), Christopher merupakan pemilik dari restoran Teppan-Man yang ada di Jalan Membina, Singapura.
Restoran dengan menu utama teppanyaki ini cukup favorit karena rasanya yang enak. Tapi belakangan Christopher menerima banyak komentar buruk dari pembeli yang tak puas dengan pelayanan kasir di kedainya.
Pemilik Kedai Ini Dipuji Usai Minta Maaf Karena Pegawainya Tak Sopan Foto: Site News
|
Tidak dijelaskan secara detail apa yang dilakukan pegawai kasir tersebut, tapi kebanyakan pembeli yang komplain merasa kecewa dengan pelayanan kasir itu.
Bahkan beberapa pembeli menuliskan bahwa mereka kapok dan tidak akan pernah kembali lagi makan di kedai itu. Christopher langsung menuliskan permintaan maafnya ke seluruh pembeli dan pelanggannya.
“Saya ingin membahas ini secara terbuka dan penuh empati. Tak mudah untuk mengetahui atau mengerti sifat hingga keahlian seseorang sampai kita bekerja dengan mereka,” ungkap Christopher.
Pemilik Kedai Ini Dipuji Usai Minta Maaf Karena Pegawainya Tak Sopan Foto: Site News
|
Menurutnya pegawai kasir yang sering mendapatkan komplain itu kondisi kesehatannya tidak baik. Christopher bahkan sempat membiayai pengobatan dan biaya operasi dari pegawai tersebut.
“Itu adalah keputusan saya untuk membiarkannya bekerja lebih lama di sini. Saya sadar bahwa hal ini justru menyebabkan rasa kecewa dan keluhan dari pembeli. Izinkan saya untuk meminta maaf, tujuan saya melakukan semua ini agar saya dapat menyeimbangkan rasa kemanusiaan dan tanggung jawab,” lanjutnya.
Christopher memutuskan untuk memecat pegawai kasir itu karena banyaknya kritik dan komplain dari pembeli, walau itu bukan keputusan yang mudah baginya.
“Alasan saya tetap mengizinkannya kerja karena saya merasa memiliki tanggung jawab moral, untuk memastikan bahwa pegawai ini memiliki pemasukan tetap untuk memenuhi kebutuhannya,” pungkasnya.
Christopher sebenarnya ingin memindahkan pegawai itu dari bagian kasir ke dapur. Tapi sayangnya pegawai itu tidak bisa masak sama sekali, sehingga ia terpaksa menaruhnya di bagian kasir.
Aksi minta maaf ini berbuah manis untuk Christopher, karena banyak netizen hingga pelanggan di kedainya memuji kebaikannya.
Pemilik Kedai Ini Dipuji Usai Minta Maaf Karena Pegawainya Tak Sopan Foto: Site News
|
“Anda tak salah menunjukkan kebaikan ke pegawai, artinya Anda masih punya sisi kemanusiaan. Tak semua orang seperti Anda!” puji salah satu netizen.
“Seharusnya pegawai ini bersyukur punya bos yang pengertian itu tidaklah mudah. Apalagi sampai si bos harus minta maaf karena kekacauan yang disebabkan oleh pegawai ini,” komen netizen.
“Perlu diingat bahwa industri makanan itu sangat keras. Akan lebih bagus jika semua orang saling mengerti dan berperilaku baik ke satu sama lain,” tulis netizen lainnya.
Christopher sendiri percaya bahwa pegawai adalah inti dari menjalankan usaha atau bisnis. Sehingga penting baginya untuk mengerti dan memperhatikan semua pegawainya.
(sob/odi)