
Jakarta –
Saat ini banyak orang yang kepincut ingin menjadi kreator konten digital. Alasannya karena fleksibel lantaran bisa dilakukan di mana saja, serta menawarkan potensi cuan yang menarik.
Tak hanya anak muda, profesi kreator konten juga diminati kalangan dewasa. Lina Marlina salah satunya. Wanita berusia 55 tahun yang sehari-hari bekerja di kantor Pos Indonesia juga tertarik ingin memulai menjadi kreator digital dan affiliator agar bisa dapat penghasilan tambahan setelah pensiun dari pekerjaannya kelak.
“Sebelumnya saya sudah cari-cari pelatihan untuk konten kreator dan affiliate ini, tapi kebanyakan berbayar ya sudah gitu cuma dikasih modul jadi saya nggak paham. Jadi sangat senang saya ada pelatihan gratis dari Kampus UMKM Shopee ini,” ujar Lina dalam keterangannya, Senin (24/3/2025).
Lina merupakan salah satu peserta Pelatihan Kampus UMKM Shopee bagi Keluarga Karyawan Pos Indonesia yang diselenggarakan di Kampus UMKM Shopee Jakarta pada Jumat (21/3). Bersama puluhan peserta yang merupakan karyawan, keluarga karyawan dan kurir Pos Indonesia, dia mendapatkan pelatihan untuk menjadi Shopee Affiliates di Shopee Live dan Shopee Video.
Lina mengaku antusias dan bersemangat untuk mengikuti pelatihan digital di Kampus UMKM Shopee. Apalagi mendekati waktu pensiun, dia semakin termotivasi untuk mencari rutinitas baru yang bisa membuka peluang penghasilan bagi dirinya dan keluarga.
“Setelah pelatihan ini saya jadi tahu lebih banyak soal affiliate ini. Jadi nggak cuma dengan jualan produk bisa dapat penghasilan, dari bikin video di media sosial juga bisa. Saya mau langsung coba untuk buat konten di rumah nanti sama anak,” tutur Lina.
Pelatihan digital untuk keluarga kurir Pos Indonesia di Kampus UMKM Shopee memberikan banyak ilmu baru, terutama mengenai seluk beluk program affiliates, mulai dari cara mendaftar di program Shopee Affiliates, tips mengoptimalisasi promosi Shopee Affiliates melalui media sosial, strategi pembuatan konten menarik, hingga optimalisasi interaksi penonton untuk fitur Shopee Live dan Shopee Video.
“Saya kan sudah mau pensiun nih, ini bisa jadi peluang baru untuk (sumber pendapatan) saya. Ini Jadi sangat pas momennya saya sebentar lagi mau pensiun kemudian ada pelatihan ini saya jadi bisa coba peruntungan di sini. Semoga bisa berkembang jadi bisa dapat penghasilan,” ungkap Lina.
Kesan serupa disampaikan Dedy Gumira yang juga akan menuju masa pensiun. Setelah mengikuti pelatihan di Kampus UMKM Shopee, Dedy mengungkapkan dirinya terinspirasi untuk lebih aktif membuat konten di media sosial mengenai berbagai hal, misalnya hobinya terhadap otomotif.
Dedy Gumira (52 tahun) semangat mengikuti pelatihan Shopee Affiliates untuk menjadi peluang menjanjikan di masa pensiunnya kelak
“Saya sebenarnya lumayan aktif ngonten di Facebook, Instagram biasanya tentang konten kehidupan sehari-hari aja. Sebelumnya saya tahu Shopee Affiliate itu dari anak saya, tapi caranya belum tahu. Setelah pelatihan ini baru ini saya tau caranya, jadi saya semangat untuk mulai aktif ngonten,” tutur Dedy.
Pria berusia 52 tahun ini melihat affiliate sebagai peluang yang menjanjikan untuk mengisi masa pensiunnya.
“Kebetulan ada peluang untuk bisa berkarya di rumah lewat Shopee Affiliate ini, saya bisa ikut mempromosikan produk-produk Shopee melalui Shopee Live, Shopee Video, atau di media sosial jadi bisa ngisi waktu saya pensiun juga sekaligus menghasilkan,” ungkap Dedy.
Sementara itu, Director of Business Partnership Shopee Indonesia Daniel Minardi menyampaikan pelatihan digital ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi keluarga kurir. Dengan harapan mereka dapat membuka peluang ekonomi baru untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.
“Kami ingin lebih banyak orang bisa bergabung dan mengambil bagian dari ekonomi digital yang terus berkembang, salah satunya menjadi affiliator. Hal inilah yang turut melatarbelakangi kolaborasi strategis kami bersama Pos Indonesia. Kami harap pelatihan ini bisa membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para anggota keluarga kurir dan karyawan Pos Indonesia dalam menciptakan konten digital yang relevan, menarik, dan berkualitas. Lebih dari itu, pembekalan ilmu konten kreatif dari Shopee ini juga diharapkan bisa membantu para peserta pelatihan membuka sumber penghasilan baru,” jelasnya.
Sebagai informasi, pelatihan digital untuk anggota keluarga kurir Pos Indonesia ini menggunakan kurikulum dari Kampus UMKM Shopee Kelas Online. Kampus UMKM Shopee merupakan fasilitas pelatihan dari Shopee Indonesia yang hadir sejak 2021.
Kampus UMKM Shopee telah memberikan pelatihan keterampilan bisnis kepada ratusan ribu UMKM di seluruh Indonesia. Sejak 13 Februari 2025, Shopee memperkenalkan inovasi program pelatihan melalui Kampus UMKM Shopee Kelas Online. Program ini memberikan kemudahan bagi seluruh UMKM di 514 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia mengikuti pelatihan Kampus UMKM Shopee secara online dan memilih program pelatihan sesuai dengan kebutuhan mereka.
(akn/ega)