Jakarta –
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Indonesia (YIMM) mengungkapkan masih menjual Nmax generasi lama. Tapi Yamaha sudah tidak memproduksi Nmax lawas lagi alias tinggal menghabiskan stok saja.
“Sekarang sebenarnya, kita fokus yang Nmax baru, dan kalau memang masih ada di dealer tinggal menghabiskan sisa stok saja,” ujar Antonius Widiantoro, Asst. General Manager – Public Relation, PT YIMM saat di Cirebon, Jawa Barat, Kamis (25/7/2024), malam.
Dengan lahirnya Nmax generasi baru, praktis Yamaha menyetop produksi Nmax generasi sebelumnya.
“Iya, sudah tidak diproduksi,” jelas Anton.
Soal jumlah unit yang tersedia di dealer tidak diketahui. Bahkan ada jaringan yang sudah kehabisan stok.
“Masing-masing dealer beda. Ada yang sudah tidak ada,” kata Anton.
Seperti diketahui, Yamaha Nmax Turbo terbaru ini menggunakan sistem Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT) yang menggantikan sistem CVT konvensional. Varian ini hanya tersedia untuk Nmax Turbo dan Nmax Turbo Tech Max
Sedangkan varian Neo dan Neo S, belum dilengkapi fitur tersebut.
Anton menyebut Yamaha Nmax terbaru ini mendapatkan antusias yang positif di masyarakat Indonesia.
“Respons positif ini buat kita optimis, biasanya produk baru butuh pengenalan yang lebih. Apalagi ada teknologi barunya, ini adopsinya cepat sekali,” ujar dia.
Pada Nmax Turbo terdapat Y-Shift yang mampu memberikan sensasi berkendara berbeda karena fungsinya mampu membantu pengendara untuk melakukan akselerasi kecepatan secara instan layaknya Turbo dengan 3 tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3). Untuk itu, motor diklaim cocok dioperasikan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, ataupun saat berkendara tandem. Tidak hanya saat akselerasi, Y-Shift juga dapat digunakan untuk melakukan deselerasi kecepatan motor ketika menghadapi jalanan yang menurun dan juga saat masuk ke tikungan (cornering).
Yamaha Nmax terbaru menggunakan dapur pacu dengan performa yang mirip dengan Lexi LX 155, Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC, YECVT. Mesin baru itu bisa memuntahkan tenaga 11,3 kW di 8.000 rpm dan torsi 14,2 Nm pada 6.500 rpm.
Hanya trim Turbo dan Turbo Tech Max yang dapat teknologi Yamaha Electric CVT. Teknologi itu menggantikan sistem CVT konvensional, tidak lagi menggunakan roller. Sebagai pembanding, generasi sebelumnya bisa memuntahkan tenaga 11.3 KW di 8.000 rpm dan torsi 13.9 Nm pada 6.500 rpm. Artinya Nmax generasi ketiga ini terdapat kenaikan torsi 0,3 Nm. Ternyata ada beberapa komponen yang beda antaran Neo dan Turbo.
Perbedaan harga Nmax baru dan Nmax lama:
Nmax 155 generasi lama:
- Connected ABS Rp 36.300.000
- S Version Rp 33.175.000
- Standar Rp 32.175.000
Nmax 155 terbaru:
- “Turbo” Tech Max Ultimate Rp 45.250.000
- “Turbo” Tech Max Rp 43.250.000
- “Turbo” Rp 37.750.000
- Neo S Version Rp 33.700.000
- Neo Version Rp 32.700.000
(riar/din)