Jakarta –
Kepopuleran gorengan di Indonesia ternyata dipengaruhi 2 pengusaha sukses ini. Mereka membuat bahan baku gorengan lebih mudah diakses hingga panganan ini tak bisa lepas dari keseharian orang Indonesia.
Siapa tak suka gorengan? Rasanya hampir semua orang di Indonesia menyukai paduan makanan berlapis tepung yang digoreng garing tersebut.
Sejarah mengenai gorengan pun mencuri perhatian. Rupanya metode menggoreng baru akrab untuk orang Indonesia pada tahun 1990-an, ketika minyak goreng dari kelapa sawit ada di pasaran dalam jumlah besar.
Lalu ada 2 sosok pengusaha yang berperan besar dalam membuat gorengan populer. Peran itu ada pada keberhasilan mereka merintis industri minyak goreng yang kemudian berdampak pada kebiasaan makan gorengan.
Dua pengusaha itu adalah Eka Tjipta Widjaja dan Sudono Salim.
Sebelumnya perlu diketahui kalau budaya menggoreng memang sudah dikenal di Indonesia sejak abad ke-16 ketika orang China dan Eropa datang. Lambat laun, teknik menggoreng makin populer karena dua hal.
Pertama, munculnya minyak kelapa sebagai bahan baku pada abad ke-19 yang memudahkan proses penggorengan. Kedua, diperkenalkannya mentega sebagai bahan menggoreng oleh bangsa Eropa, khususnya Belanda.
Fadly Rahman dalam Jejak rasa Nusantara: Sejarah Makanan Indonesia (2016) menyebut mentega menjadi andalan untuk menggoreng di Hindia Belanda pada abad ke-20. Pada kurun waktu tersebutlah muncul merek mentega ternama, yakni Blue Band.
Dari sini kemudian lahir variasi makanan dari hasil menggoreng, yang kini disebut sebagai gorengan, seperti pisang goreng dan tempe goreng. Namun, hadirnya gorengan bukan berarti bisa dinikmati tiap saat oleh seluruh lapisan masyarakat. Sebab, mentega dan minyak kelapa sulit dijangkau karena harganya mahal.
Namun semua itu akhirnya berubah ketika industri minyak sawit di Indonesia muncul.
Kemunculan Minyak Goreng
Popularitas gorengan diawali dengan kemunculan minyak goreng di Indonesia. Foto: Ari Saputra
|
Titik baliknya terjadi ketika Presiden Soeharto berkuasa sejak 1966. Soeharto memperbolehkan pihak swasta merintis industri sawit untuk mempopulerkan minyak goreng yang lebih terjangkau masyarakat.
Izin ini kemudian dimanfaatkan oleh pengusaha Eka Tjipta Widjaja. Pada 1968, Eka memproduksi Bimoli sebagai minyak goreng premium pertama di Indonesia. Bimoli merupakan singkatan dari Bitung Manado Oil.
Dua tahun kemudian industri minyak goreng di Indonesia semakin ramai ketika Liem Sioe Liong alias Sudono Salim ikut serta. Alhasil, sejak tahun 1970-an, keduanya pun seketika menjadi pemain besar di industri minyak goreng.
Eka Tjipta Widjaja menghasilkan minyak merek Filma dan Kunci Mas. Lalu Salim memproduksi minyak merek Bimoli, yang awalnya dirintis oleh Eka lalu diambil alih oleh Salim. Namun, khusus nama terakhir dia tidak hanya produksi Bimoli, tetapi juga kunci pembuatan gorengan lain, yakni tepung terigu merek Bogasari pada 1970.
Menurut Richard Borsuk dan Nancy Chng dalam Liem Sioe Liong dan Salim Group (2016), hadirnya merek Bogasari membuat masyarakat Indonesia mudah menjangkau tepung. Tepung jadi lebih murah dan membuat penduduk terbiasa mengkonsumsi makanan olahan tepung.
Pada titik ini, di dapur masyarakat Indonesia sudah ada tepung dan minyak goreng. Kombinasi kedua bahan itulah yang jadi kunci pembuatan gorengan. Tepung dan minyak goreng pun kemudian jadi bisnis penting di Indonesia sepanjang kepemimpinan Presiden Soeharto.
Dukungan penguasa yang kuat membuat bisnis Salim dan Eka Tjipta mendominasi pasar. Bahkan, Bustanil Arifin dalam Analisis Ekonomi Pertanian Indonesia (2004) menyebut, Bimoli pernah menguasai 75% pasar minyak goreng dalam negeri di era Orde Baru.
Hingga akhirnya menu gorengan mengubah selera makan masyarakat Indonesia. Foto: Site News
|
Atas dasar inilah, orang Indonesia makin terbiasa dengan gorengan, atau olahan lain dari tepung terigu yang digoreng. Lantas, terjadilah perubahan menu konsumsi masyarakat sejak 1990-an.
Gorengan kemudian menjadi sesuatu yang tak bisa dilepaskan dari menu makanan harian masyarakat. Dari pagi, siang, dan malam, pasti mengonsumsi gorengan. Di pinggir jalan ada tukang gorengan. Saat momen-momen tertentu masyarakat jadi makan gorengan.
Jadi, Salim, dan Eka Tjipta secara tidak langsung adalah sosok yang mengajari rakyat Indonesia membiasakan diri menikmati gorengan sepanjang waktu.
Artikel ini sudah tayang di CNBC Indonesia dengan judul Gara-Gara 2 Orang Ini, Warga Indonesia Doyan Makan Gorengan
Simak Video “Mesti Coba! Uniknya Rasa Gorengan Buah di Jakarta Pusat“
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)