Jakarta –
Dorna telah mengumumkan regulasi terbaru yang bakal hadir di MotoGP 2027. Salah satu yang banyak disorot adalah kapasitas mesin yang diturunkan dari 1.000 cc menjadi 850 cc. Lantas mengapa regulasi ini baru diterapkan pada musim 2027?
Menjawab pertanyaan ini, MotoGP membuat artikel tanya jawab terkait regulasi baru yang akan datang. Menurut MotoGP, regulasi ini baru akan mulai digunakan pada 2027 lantaran saat ini mereka masih perlu mengujinya dan masih dalam perjanjian regulasi yang lama.
“Di MotoGP, kami bekerja dalam jangka waktu lima tahun dan perjanjian (regulasi) saat ini berakhir pada tahun 2026. Karena perubahan yang signifikan pada tahun 2027, perubahan tersebut harus didiskusikan dan disepakati dengan semua orang, dan kemudian Anda perlu waktu untuk menguji semuanya sebelum memulai balapan. Begitu diberlakukan, itu juga lima tahun: jadi 2027-2031,” tulis MotoGP.
MotoGP menariknya sempat menyinggung bahwa sebelum menjalankan regulasi baru, seluruh pihak terkait harus setuju. Lalu apakah semua pihak tersebut sudah setuju untuk balap dengan motor yang lebih rendah cc-nya di 2027?
Menurut MotoGP, sama seperti regulasi sebelumnya, seluruh pihak sudah setuju dengan regulasi baru ini. Bahkan semua prosesnya mereka publikasikan agar transparan.
“Sama seperti sistem konsesi baru yang diperkenalkan pada akhir tahun 2023, semua orang telah sepakat tentang apa yang terbaik untuk olahraga ini di masa depan, bahkan mereka yang memimpin berdasarkan peraturan saat ini,” tulis MotoGP.
“Dari proposal yang diajukan kepada produsen, sebagian besar langsung disetujui dan sisanya mencapai konsensus. Semua yang dipublikasikan 100% disetujui, dengan suara bulat, dan dikonfirmasi,” lanjut mereka.
Regulasi motor baru di MotoGP 2027 Foto: Dok. MotoGP
|
Perlu diketahui, regulasi baru MotoGP 2027 meliputi pengurangan kapasitas mesin. Hal tersebut diklaim bakal membuat top speed motor berkurang.
Dengan demikian, olahraga ini akan lebih aman. Tak cuma itu, jarak tempuh juga bisa meningkat sehingga lebih efisien dan berkelanjutan.
Selain itu, perubahan lain yang dilakukan adalah bahan bakar. MotoGP 2027 akan menggunakan 100% bahan bakar ramah lingkungan, meningkat dari jumlah minimal 40% yang dipakai sejak 2024.
Berbarengan dengan perubahan bahan bakar, kapasitas tangki bahan bakar juga akan dikurangi dari 22 liter menjadi 20 liter. Pebalap diperbolehkan memakai 11 liter selama balap sprint.
Simak Video “Jorge Martin Puas di Sprint Race, Pede Tatap Balapan MotoGP Qatar“
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)