Jakarta –
Hyundai Indonesia kerap menggandeng pelatih Shin Tae-yong dan sejumlah pemain timnas sepakbola Indonesia dalam program marketingnya. Apakah hal tersebut bisa memberi dampak signifikan kepada brand Hyundai di Indonesia?
Dikatakan Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto, kerja sama dengan pemain timnas sepakbola Indonesia terbukti bisa meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap brand Hyundai. Ini sejalan dengan prestasi timnas sepakbola Indonesia yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir ini.
Shin Tae-yong dapat mobil Genesis Electrified G80 dari Hyundai. Foto: Dok. HMID.
|
“Jadi memang kita mengalami lonjakan (brand awareness) yang cukup tinggi sejak tahun 2020 sampai dengan terakhir 2024awal. Datanya menunjukkan kita naik sekitar kurang lebih 10 poin,sehingga kita menempati nomor 6secara brand awareness,” ujar Frans kepada wartawan di Jakarta belum lama ini.
“Tentu teman-teman (media) masih ingat, pada saat Hyundai memperkenalkan diri di awal, itu sangat masif marketing communication-nya. Nah,belakangan, kita lihat juga bahwa dengan hadirnya coach Shin Tae-yong,Korean Culture,terus kemudian ada harapan (timnas) kita untuk menang ataupun masuk ke World Cup, piala dunia,kita melihat Indonesia market itu ternyata sepakbola sangat populer.Jadi, berdasarkan survei olahraga mana yang paling populer di Indonesia,nomor satu adalah sepakbola, dengan 70% (masyarakatnya) itu pecinta sepakbola,” tambah Frans.
Maka dari itu, Hyundai pun gencar melakukan kerja sama dengan timnas sepakbola Indonesia. Selain pelatih utama, Shin Tae-yong, Hyundai juga menggandeng sejumlah pemain timnas Indonesia, seperti Maarten Paes, Rizky Ridho, Ramadhan Sananta, Hokky Caraka, dan Alfeandra Dewangga.
“Kita juga masuk ke Liga 1, kita jadi sponsor. Setiap pertandingan Liga 1, kita akan tampilkan mobil Hyundai. Yang kedua, setiap event dari tim sepakbola nasional, kita juga akan masuk. Harapannya, kita ingin menunjukkan bahwa sepakbola dekat dengan Hyundai,” bilang Frans.
(lua/din)