Jakarta –
Yamaha diprediksi akan segera meluncurkan motor sport Yamaha R25 terbaru. Sebab, kembaran Yamaha R25 yakni R3 sudah meluncur secara global, dan kini desain motor tersebut terdaftar di Indonesia.
Secara global, Yamaha memperkenalkan kembaran R25 yaitu R3 terbaru. Lampu depannya mendapatkan update, body-nya terlihat makin ramping, fiturnya juga bertambah.
Desain Yamaha R3, yang di generasi sebelumnya identik dengan R25 di Indonesia, kini sudah terdaftar di dokumen pemerintahan. Desain motor sport itu terdata di Berita Resmi Desain Industri No. 65/DI/2024 yang dirilis Direktorat Hak Cipta dan Design Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.
Desain motor sport tersebut terdaftar atas nama Yamaha Hatsudoki Kabushiki Kaisha yang berkantor di Iwata, Jepang. Tampak desain motor sport yang didaftarkan identik dengan Yamaha R3 versi 2025.
YZF-R3 ini terinspirasi dari bahasa desain motor MotoGP YZR-M1. Tampilan mukanya dibuat lebih agresif, ‘mata’ dari YZF-R3 ini makin sipit, ditambah ram air duct yang masih tetap dipertahankan namun terdapat proyektor diapit empat bilah lampu. Semua sektor lampu-lampu juga sudah mengusung teknologi LED.
Selain itu fairing depan makin agresif dipadukan panel samping yang ramping. Berbeda dengan R25 atau R3 sebelumnya yang masih sedikit lebih lebar.
Yamaha R3 Foto: Yamaha
|
Lanjut ke bagian belakang, R3 sekarang tetap sporty, dan wind tail sayap yang khas dari R-series.
Pembaruan lainnya, kini Yamaha R3 2025 dibekali fitur konektivitas smartphone Yamaha Motorcycle Connect (Y-Connect) yang bekerja bersama dengan aplikasi Y-Connect yang tersedia secara gratis (tersedia untuk iOS dan Android). Fitur ini sudah terpasang pada motor-motor skutik Yamaha, yang memungkinkan koneksi langsung antara motor dan smartphone. Kemampuan Y-Connect untuk R3 mencakup kemampuan untuk melihat panggilan masuk, email dan pesan.
Yamaha R3 Foto: Yamaha
|
Yamaha R3 juga dilengkapi layar Multi Informasi Display (MID) LCD desain terbaru, sekarang layar itu menampilkan informasi smartphone yang terhubung dengan data kendaraan yang penting.
Assist and Slipper Clutch pertama kali terpasang di YZF-R3. Fitur ini membuat motor semakin halus saat perlambatan mesin dan mudah dikendalikan saat menurunkan gigi, sekaligus mengurangi tenaga yang dibutuhkan untuk menarik tuas kopling sehingga mengurangi kelelahan pada tangan.
Yamaha R3 menggendong mesin 321 cc dua silinder. Kalau dijual di Indonesia, kemungkinan motor ini menggunakan mesin 250 cc dan berganti identitas menjadi Yamaha R25.
(rgr/dry)