
Jakarta –
Bali memang favorit sebagai destinasi ikonik RI. Kali ini Jepang melakukan kerja sama dengan Bali, agar warganya liburan ke sana lebih sering.
“Jepang dan Indonesia memiliki hubungan kuat yang dibangun atas dasar saling menghormati dan menghargai budaya. Selama bertahun-tahun, Jepang telah memainkan peran penting dalam industri pariwisata Bali, dengan banyaknya pengunjung Jepang,” demikian dikatakan Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya Muhammad Al Aula saat membuka Bali Tourism Promotion & Updates 2025 di KBRI Tokyo, pada Rabu 12 Maret 2025 dalam keterangan resmi.
Pulau Dewata memang dikenal dengan pariwisata berkelanjutan, transformasi digital, dan pengalaman budaya autentik yang memastikan pengunjung menikmati wisata yang bermakna dan tak terlupakan.
Kegiatan yang didukung oleh Garuda Indonesia Tokyo ini digelar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo bekerja sama dengan Bali Tourism Promotion, dan Garuda Indonesia Tokyo.
KBRI Tokyo kerja sama dengan Bali dan Garuda Indonesia Foto: (KBRI Tokyo)
|
Bali Tourism Promotion & Updates 2025 ini juga diikuti dengan pertemuan pelaku bisnis pariwisata Indonesia dengan Jepang. Tercatat 18 perusahaan bisnis pariwisata Jepang dan 2 perusahaan bisnis pariwisata Indonesia yang khusus datang dari Bali hadir dalam pertemuan tersebut.
Muhammad Al Aula menambahkan, industri pariwisata Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman berwisata di Bali dengan mengembangkan layanan berkualitas tinggi, dan pengaturan perjalanan yang lancar untuk melayani pasar Jepang.
“Kami menyadari bahwa wisatawan Jepang mencari pengalaman yang unik dan mendalam, baik itu menjelajahi seni tradisional Bali, menikmati wisata spa, atau menikmati retret ramah lingkungan,” tambah Muhammad Al Aula yang didampingi Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Tokyo Lodya Habsanthiara. Turut hadir juga General Manager Garuda Indonesia Tokyo Carina Megarani.
Lebih lanjut, Muhammad Al Ula menyebut bahwa kolaborasi antara agen perjalanan Jepang dan pemangku kepentingan pariwisata Bali sangat penting dalam memperluas dan mendiversifikasi paket perjalanan ke Bali. KBRI Tokyo dinilai sangat menghargai dedikasi mitra Jepang dalam mempromosikan Bali sebagai tujuan wisata pilihan.
“KBRI Tokyo, Bali Tourism Promotion, dan Garuda Indonesia Tokyo senantiasa berupaya meningkatkan kerja sama dalam memfasilitasi pengaturan perjalanan ke Indonesia yang lebih baik bagi wisatawan Jepang, khususnya ke Bali. Kepada mitra Jepang, KBRI Tokyo mengundang Anda untuk terus mempromosikan Bali sebagai salah satu destinasi utama bagi warga Jepang,” ujar Muhammad Al Aula.
Hingga saat ini, ketertarikan wisatawan Jepang ke Indonesia cukup tinggi. Pada tahun 2024, tercatat jumlah wisatawan Jepang yang datang ke Indonesia mencapai 338.934 orang.
Dengan dukungan konektivitas penerbangan yang dilayani oleh Garuda Indonesia melalui rute Haneda-Jakarta dan Narita-Denpasar, kunjungan wisatawan Jepang ke Indonesia diharapkan akan terus meningkat.
(bnl/bnl)