
Jakarta –
Nama besar Xenia di Indonesia sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Wajar, Xenia sudah mengisi pasar otomotif Indonesia sejak tahun 2003.
Tentu kemampuannya dalam melahap beragam medan jalan tak perlu diragukan lagi. Dalam perjalanan Road Trip #EksplorasiNusantara Sumatera Barat bersama Daihatsu All New Xenia, MPV ini kembali membuktikan bahwa transformasi fitur dan penggunaan platform baru Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang disajikan jadi kunci dalam menambah kenyamanan saat berkendara di segala kondisi jalan.
Platform terbaru DNGA dinilai benar-benar menjadi solusi, karena mampu membuat All New Xenia terasa lebih halus saat dikendarai, lebih nyaman, serta lebih stabil. Terlebih, berkat penggunaan platform DNGA ini membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien dan performa lebih optimal.
Secara singkat, ada 3 perubahan utama di platform DNGA, yaitu struktur yang meliputi lantai dan bagian suspensi, lalu powertrain engine dan transmisi, dan ketiga safety, baik itu active safety maupun passive safety. Wajar jika mobil keluarga yang satu ini begitu nyaman untuk dikendarai.
Kenyamanan berkendara juga tidak lepas dari penggunaan D-CVT Transmission with Power Mode, yang membuat All New Xenia jauh lebih responsif, halus dan membuat konsumsi bahan bakar lebih irit.
Jelajah Sumatera Barat bersama Daihatsu All New Xenia. Foto: dok. detik.com/BrandStudio
|
“Daihatsu Xenia model baru ini jauh enak dan lebih nyaman saat dikendarai,” ucap Ketua Avanza Xenia Indonesia Club (AXIC) Cabang Bukit Tinggi Sumatera, Effendi kepada detikOto.
Hal yang tidak kalah penting ialah pemilihan mesin yang ditawarkan, All New Xenia ditawarkan dalam 2 pilihan mesin, yakni mesin 1,300 cc irit berkode 1.3L Engine (1NR-VE) dan 1,500 cc dengan kode 1.5 L Engine (2 NR-VE) yang bertenaga namun diklaim tetap ekonomis.
Untuk pilihan mesin 1.3L (1NR-VE) DOHC Dual VVT-I, memiliki kapasitas 1.329cc yang menawarkan tenaga maksimal hingga 98 PS di 6.000 RPM, dan torsi mencapai 12,4 Nm di 4.200 RPM.
Sedangkan untuk All New Xenia yang menemani perjalanan Road Trip #EksplorasiNusantara Sumatera Barat kali ini, kami mengendarai mesin 1,500 cc 2 NR-VE DOHC Dual VVT-I. Meski bukan mesin baru, bisa dipastikan tenaga yang ditawarkan mumpuni, dan klaim max power 106 PS di 6.000 RPM dan torsi mencapai 14,1 Nm di 4.200 RPM bukanlah isapan jempol semata.
Simak Video “Road Trip: Jelajah Kisah Legenda di Sumatera Barat“
[Gambas:Video 20detik]
(lth/dry)