Jakarta –
Kapasitas mesin motor MotoGP tahun 2027 bakal lebih kecil menjadi 850 cc. Ini sebabnya kapasitas mesin MotoGP itu berkurang.
Dorna telah mengumumkan regulasi terbaru yang bakal hadir di MotoGP 2027. Salah satu yang banyak disorot adalah kapasitas mesin yang diturunkan dari 1.000 cc menjadi 850 cc. Pengurangan kapasitas mesin itu bakal membuat top speed motor berkurang. Dengan demikian, olahraga ini akan lebih aman. Tak cuma itu, jarak tempuh juga bisa meningkat sehingga lebih efisien dan berkelanjutan.
Selain kapasitas mesin yang dikurangi, jumlah maksimal mesin untuk satu musim juga dikurangi dari tujuh menjadi enam. Dengan peraturan ini, MotoGP diharapkan jadi lebih efisien.
Pengurangan kapasitas mesin itu sebelumnya sudah sempat diutarakan Legenda MotoGP yang kini menjadi salah satu Race Direction MotoGP, Loris Capirossi. Capirossi pada akhir 2023 membocorkan bahwa perubahan mesin memang jadi salah satu pertimbangan berkaitan dengan top speed. Terpenting pada tahun 2027 bahan bakarnya juga akan lebih ramah lingkungan.
“Tapi yang pasti kami berupaya untuk mencoba mengurangi sedikit performa pada motor. Tapi itu tidak mudah karena Anda melakukan sesuatu dan seluruh pabrikan bekerja untuk meningkatkannya lagi,” ujar Capirossi kala itu.
Seperti disebut Capirossi, mulai tahun 2027 bahan bakar pada motor MotoGP 100 persen ramah lingkungan. Angka itu meningkat dari jumlah minimal 40 persen sejak 2024.
Berbarengan dengan perubahan bahan bakar, kapasitas tangki bahan bakar juga akan dikurangi dari 22 liter menjadi 20 liter. Pebalap diperbolehkan memakai 11 liter selama balap sprint.
Hal lain yang diubah adalah sistem aerodinamika. Aerodinamika akan dikurangi dan dikontrol lebih ketat mulai tahun 2027, dengan tujuan meminimalkan dampak negatifnya.
Dalam aturan baru, lebar bagian atas fairing depan akan lebih sempit 50 mm dan hidung akan didorong ke belakang 50 mm, sehingga mengurangi efek aero di area penting, terutama di jalan lurus dan area pengereman. Perubahan ini diyakini akan menciptakan balapan yang lebih ketat, dengan lebih banyak aksi menyalip.
Sementara di bagian belakang, aero belakang atau lazim disebut sebagai Stegosaurus akan menjadi bagian dari homologasi mulai tahun 2027, dan tim hanya diperbolehkan memperbaruinya satu kali per musim.
Untuk membuat kompetisi semakin adil, data GPS dari semua pebalap akan tersedia untuk semua tim setelah setiap sesi. Artinya, akses data lebih terbuka, sehingga nanti setiap tim bisa meningkatkan kemampuan saingnya.
Di era baru mulai 2027, semua perangkat ride-height dan hole shot akan dilarang. Itu akan mengontrol performa dan membuat balapan lebih aman, terutama saat balapan dimulai. Hal ini juga diyakini akan mengeluarkan skill masing-masing pebalap, seperti halnya aero yang bertujuan meningkatkan kemampuan menyalip.
Itu tadi rentetan ubahan pada motor MotoGP tahun 2027. Gimana menurut kamu perubahan pada motor MotoGP itu?
Simak Video “Jorge Martin Puas di Sprint Race, Pede Tatap Balapan MotoGP Qatar“
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)