![](https://i3.wp.com/awsimages.detik.net.id/api/wm/2025/02/11/qjmotor-5_169.jpeg?wid=54&w=650&v=1&t=jpeg&w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
Jakarta –
Motor matic sekarang kebanyakan adalah model skuter. Di Indonesia, pernah ada motor bebek matic namun layu sebelum berkembang. Sekarang ada opsi motor matic cruiser 250 cc dengan harga kompetitif.
Motor bebek matic pernah eksis yaitu Honda Revo Techno AT yang meluncur pada tahun 2010 dan Yamaha Lexam yang dirilis setahun kemudian.
Kemunculan dua motor bebek matik tersebut awalnya bertujuan untuk menarik lagi minat konsumen mengendarai motor bebek. Tapi tak kenyataannya dua model itu gagal mendapat tempat di hati pencinta otomotif Tanah Air.
Kini hadir motor matic bergaya motor cruiser dari QJMotor lewat produk SRV 250 AMT. Motor tersebut dijual dengan harga Rp 59.990.000. Motor itu bergaya cruiser, bisa dibilang SRV 250 menggunakan sistem AMT Triptonic mirip-mirip seperti girboks manual. Hanya, pengoperasian kopling diterapkan dengan otomatis, alias tanpa tuas kopling.
Sederhananya mirip-mirip dengan motor matic atau DCT Honda sehingga ganti gigi tidak perlu tarik kopling.
Dengan fitur AMT, pengendara dapat memilih mode berkendara manual atau otomatis hanya dengan menggerakkan jari sehingga menjadi lebih praktis.
“QJ itu melihat bahwa kita mau memberikan edukasi ke masyarakat bahwa motor matic itu bukan hanya skuter, tapi ada juga loh bentuknya cruiser, makanya kita coba memberikan warna baru untuk menawarkan automatic transmission motorcycle membuatkan otomatis transmission motorcycle dengan bentuk yang berbeda,” kata Vice President Branding dan Marketing Communication QJMotor Indonesia Budi Kurniawan di Jakarta, Selasa (11/2/2025).
Secara dimensi motor ini punya panjang 2.110 mm, lebar 850 mm, dan tinggi 1.100 mm. Motor ini juga punya tinggi jok 700 mm, sedangkan ground clearance-nya 160 mm. Dilirik dari segi dimensinya cukup ramah untuk tinggi rata-rata orang Indonesia.
Sedangkan spek mesinnya, QJMotor SRV 250 AMT dibekali mesin dua silinder v-twin, 4V SOHC, berpendingin cairan. Di atas kertas, mesin itu bisa memuntahkan tenaga 20,5 kW pada 9.000 rpm dan torsi 23 Nm pada 8.000 rpm. Performa itu disalurkan melalui sistem transmisi CVT belt.
(riar/rgr)