Kehadiran Honda New PCX 160 RoadSync mesti membuat sang rival berat, Yamaha NMAX Turbo, terganggu. Lantas mana skutik bongsor yang lebih pas buat detikers? Simak komparasinya!
Honda PCX 160 RoadSync Foto: Ridwan Arifin
|
Dimensi dan Kaki-kaki
Meskipun hadir dengan embel-embel ‘New’, Honda tak banyak merevisi dimensi dari PCX 160. Panjang motor ini masih 1.936 mm, lebar 742 mm, dan tingginya 1.123 mm. Sementara untuk tinggi joknya 764 mm dan jarak sumbu roda 1.313 mm.
Namun untuk membuat handling motor ini semakin nyaman, Honda mengklaim telah merevisi bagian deknya serta mengganti sok belakang dengan suspensi belakang ganda dengan tabung.
Honda New PCX 160 RoadSync hadir dengan bobot 133 kg, kapasitas tangki bensin 8,1 liter dan ukuran roda depan 110/70-14 serta belakang 130/70-13.
Yamaha Nmax Turbo Foto: Yamaha Motor Indonesia
|
Di sisi lain, Yamaha NMAX Turbo hadir dengan ukuran yang lebih ramping namun lebih tinggi. Panjang totalnya 1.935 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.200 mm. Sedangkan untuk tinggi joknya di angka 770 mm dan jarak sumbu rodanya 1.340 mm.
Bobot NMAX Turbo juga sedikit lebih berat ketimbang PCX 160 RoadSync, yakni 135 kg dengan ukuran tangki bensin lebih kecil yaitu 7,1 liter. Sementara ukuran rodanya, alih-alih menggunakan pelek ukuran belang, Yamaha memberikan NMAX Turbo dengan pelek ring 13 dan balutan ban 110/70 di depan hingga 130/70 di belakang.
Kalau Honda baru bermain sok dengan tabung di New PCX 160, Yamaha tergolong sudah lama menggunakan kit seperti ini. Bahkan Yamaha NMAX Turbo tipe tertinggi, TECH MAX Ultimate, dibekali dengan performance dumper yang membuat handling motor ini makin meyakinkan.
Mesin
Di sektor mesin, kedua skutik yang populer di Indonesia pun bersaing ketat. Honda New PCX 160 dibekali dengan mesin eSP+ 4 klep 1 silinder berkapasitas 156,9 cc. Di atas kertas, tenaga motor ini tembus 15,8 HP di putaran 8.500 RPM dan torsi 14,7 Nm di 6.500 RPM.
Sementara Yamaha, bermain lebih progresif untuk NMAX terbaru ini. Mesin konvensional 155 cc Blue Core VVA 4 katup 1 silinder ini mereka kawinkan dengan transmisi elektrik atau disebut dengan Yamaha Electric CVT (YECVT).
Di atas kertas, tenaga mesin 155 cc NMAX TUrbo ini bertenaga maksimal 15,15 HP di putaran 8.000 RPM. Sementara torsi puncaknya bisa tembus 14,2 Nm di 6.500 RPM.
Menariknya, teknologi YECVT dan VVA dapat membuat tenaga motor ini jadi lebih adaptif. Di tarikan bawah, dengan adanya Turbo Riding Mode, memungkinkan motor ini berakselerasi lebih agresif. Sementara di tarikan atas, bantuan VVA membuat NMAX Turbo bisa tak kehabisan ‘nafas’.
[Halaman selanjutnya: Fitur dan Harga Honda PCX 160 RoadSync vs Yamaha NMAX Turbo]