Jakarta –
Toyota memperkenalkan generasi terbaru New GR Yaris di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 setelah generasi pertama diperkenalkan pada 2021 lalu. Generasi terbaru New GR Yaris ini dilego senilai Rp 1,15 miliar. Hmm, bagaimana cara genjot penjualannya nih?
Bukan Toyota Indonesia namanya kalau tidak punya cara jitu menggoda konsumen Indonesia, seperti yang disampaikan Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di ICE BSD, Tangerang.
“Strategi khusus untuk New GR Yaris? Kami (Toyota) punya GR Garage dan GR Zone, di mana aktivitasnya brandingnya jalan terus, dan banyak juga mobil ini yang membeli pembalap,” kata Anton.
“Kemudian kita juga ada komunitas yang mengkomunikasikan produk ini, secara komunitas pasti bergulir, pasti banyak yang tahu dan datang (untuk melakukan transaksi),” Anton menambahkan.
Anton menambahkan dirinya sangat yakin bahwa Toyota New GR Yaris memiliki penggemarnya di Indonesia.
“Saya rasa penggemar mobil sport sangat banyak, GR Yaris sudah menjadi legend di Indonesia dan di dunia dibandingkan GR-GR yang lain seperti Supra, Toyota 86, dan top demand-nya. Kami yakin demand-nya akan bagus (Toyota New GR Yaris), karena sudah banyak nih yang menanyakan kapan New GR Yaris hadir di Indonesia,” ujar Anton.
Sebagai catatan, New GR Yaris menggendong mesin 1.600 cc 3-silinder turbo yang merupakan salah satu mesin paling efisien dan powerful di dunia. Namun, dapur pacu ini berhasil dimaksimalkan kembali kinerjanya hingga power meningkat signifikan dari sebelumnya 261 PS dan sekarang menyentuh angka 305 PS, sementara torsinya naik dari 360 Nm ke 400 Nm.
Toyota New GR Yaris Foto: Andhika Prasetia/detikCom
|
Opsi Drive Mode baru serta optimasi sistem 4WD GR Four juga disematkan untuk memaksimalkan peningkatan pada power. Sekarang, pengendara bisa memilih 3 drive mode yang tersedia dengan karakteristik pengendalian yang berbeda: Sport, Normal, dan Eco. Termasuk juga optimasi sistem GR Four melalui 3 mode: Normal, Gravel (Sebelumnya Sport), dan Track yang bisa menyesuaikan distribusi tenaga ke roda depan dan belakang sesuai karakteristik pengendara dan trek yang dilalui.
Panel kontrol dan monitor pada cockpit dimiringkan 15 derajat ke arah pengemudi untuk mempermudah pengoperasian. Postur berkendara juga telah diperbaiki dengan menurunkan posisi duduk driver serendah 25 mm yang memperluas jarak pandang dan visibilitas secara signifikan.
Dari sisi eksterior, sisi kanan dan kiri bawah bumper depan sekarang merupakan struktur terpisah untuk mempermudah perbaikan dan penggantian parts jika diperlukan. Serta perubahan desain bumper depan untuk air flow yang lebih baik dalam mendinginkan mesin dan ATF cooler.
Berkaca dari pengalaman Toyota GR Yaris Rally1 Hybrid di dunia rally, chassis GR Yaris diperkuat yang memungkinkan pengemudi untuk pushing this car to the limit. Body rigidity ditingkatkan melalui spot welding yang lebih banyak 13%, penambahan body adhesive sebanyak 24%, serta 3-point suspension mounting method yang berdampak pada meningkatnya handling stability dan ride comfort.
(lth/rgr)