
Jakarta –
Pencurian di restoran hingga warung makan ini dilakukan oleh pembeli atau pengunjung. Mulai dari mencuri nasi bungkus sampai peralatan makan.
Aksi pencurian sekecil apapun benda atau makanan yang diambil, tentunya tidak dibenarkan sama sekali dan termasuk ke dalam aksi yang merugikan banyak orang.
Seperti beberapa kasus pencurian ini yang dilakukan oleh pengunjung restoran sampai warung makan. Aksi mereka terekam di CCTV sampai lewat kamera ponsel.
Tapi ada juga orang yang dengan sengaja pamer peralatan makan hasil curiannya saat berkunjung ke berbagai restoran di TikTok. Berikut lima aksi pengunjung resto curi peralatan makan, nasi bungkus sampai makanan lainnya:
1. Pamer Hasil Curian di TikTok
Bikin Rugi! 5 Aksi Pembeli Colong Peralatan Makan hingga Nasi Bungkus Foto: Site News
|
Salah satu pengguna X @bonecarrier membagikan video wanita yang pamer alat makan ini sekaligus respon seorang pengguna TikTok dengan akun @antmanwrld yang diduga merupakan seorang pelayan restoran.
Video yang telah ditonton sebanyak 4.7 juta kali itu menunjukkan bagaimana pelayan restoran menegur dan marah kepada tamu yang tega memasukkan alat makan restoran ke dalam tas mereka.
Wanita yang mengambil alat makan itu menunjukkannya dalam akun TikTok @kearayue (sekarang akunnya menghilang) bagaimana koleksi alat makannya yang sangat banyak. Di awal klip ia juga mengucapkan , “Siap-siap: ini banyak,”
Jika dilihat, sepertinya wanita ini telah mengoleksi puluhan alat makan dari restoran. Bahkan wanita itu juga mengakui bahwa peralatan makan diambil karena ia ingin satu set untuk dapurnya.
2. Curi Piring di Resto K-BBQ
![]() |
Mencuri dalam bentuk apapun tidak dibenarkan hukumnya, namun tetap saja beberapa orang melakukan perbuatan tercela ini. Seperti halnya pengunjung pria di restoran BBQ Korea, Sae Ma Eul BBQ di Kuchai Lama, Kuala Lumpur, Malaysia. Pria ini tampak duduk dengan posisi tembok di belakangnya. Perlahan tapi pasti, ia mengambil satu per satu alat makan di atas meja.
Alat makan itu kemudian dibawa ke arah bawah meja dan dibersihkan menggunakan beberapa lembar tisu. Setelahnya pria berkaos hitam itu tampak memasukkan alat makan ke tas yang ditaruh di samping kanannya.
Melalui unggahan di akun Facebook resminya, restoran Sae Ma Eul BBQ mengatakan, “Kami tahu piring, sumpit, dan sendok kami tergolong spesial dan bagus. Tapi bukan berarti itu bisa diambil gratis,” kata perwakilan restoran.
3. Bawa Pulang Mangkuk Saus Resto
![]() |
Di Facebook, seorang pemilik restoran Kafetaria Warung Aisyah di Bandar Sri Permaisuri, Malaysia bercerita tentang salah satu pelanggan yang telah membuatnya kesal. Pemilik resto bernama Sha Rahman itu menyebut pelanggan ini sebagai (CA) atau ‘customer aneh’ karena permintaan yang tidak masuk akal.
Setelah selesai makan, pemilik resto ini mengira pelanggan itu akan membayar tagihan makannya dulu. Tapi justru ada permintaan aneh, menurut pelayan restoran, pelanggan itu meminta agar mangkuk sausnya bisa dibawa pulang.
Pihak restoran memperbolehkan mangkuk saus itu dibawa pulang, asalkan pelanggan harus janji bisa memulangkannya. Akhirnya, Sha Rahman mengiyakan pelanggan ini untuk membawa pulang mangkuk sausnya.
Namun, faktanya tidak sesuai ekspektasi. Hari berganti hari sampai seminggu berlalu, tetapi pelanggan itu tidak balik ke restoran untuk memulangkan mangkuk pinjamannya.