
Jakarta –
Erajaya Group dikenal sebagai perusahaan yang memasarkan brand-brand hp ternama, beserta sejumlah perangkat gadget. Namun di tahun 2025 ini, Erajaya mulai melebarkan sayap bisnisnya ke industri otomotif dengan menjadi agen pemegang merek mobil asal China, XPENG. Apa yang bikin Erajaya tertarik tejun ke industri kendaraan bermotor?
Sebagai informasi, Erajaya Group membawa merek XPENG ke Indonesia melalui anak perusahaan, Erajaya Active Lifestyle. Menurut CEO Erajaya Active Lifestyle, Djohan Sutanto, keputusan Erajaya memasarkan mobil listrik tak lepas karena tren perubahan gaya hidup, di mana mobil listrik sedang dan akan menjadi tren ke depannya.
“Kita belajar dari negara-negara yang sudah maju ya, mungkin, seperti di Asia Tenggara, atau Cina, juga Eropa, kita melihat bahwa mobil listrik ke depannya, ya ini saya ngomong ke depannya, itu sudah, menjadi bagian dari gaya hidup,” buka Djohan kepada wartawan di Jakarta belum lama ini.
XPENG resmi masuk Indonesia melalui Erajaya Foto: (Luthfi Anshori/detikOto)
|
Di sisi lain, kata Djohan, fitur-fitur yang ada di mobil listrik, akan menunjang banyak produk-produk gadget yang dipasarkan oleh Erajaya Lifestyle.
“Contohnya XPENG itu punya mobil terbang yang berkolaborasi dengan DJI (di mana kita juga memasarkan merek DJI di Indonesia). Jadi kita melihat bahwa fitur-fitur mobil listrik ini mungkin akan banyak kolaborasi dengan produk-produk yang dibawa atau dijual oleh Erajaya,” sambung Djohan.
“Sebelum kita memutuskan masuk ke bisnis EV ini, ada beberapa hal yang kita lakukan. Kita juga mendapatkan informasi dari pabrikan, bahwa sebenarnya, bagaimana sih masa depan mobil listrik itu, ke depan mungkin 5 tahun lagi ya, yang kita jelaskan bahwa, kita yakin ini akan menjadi gaya hidup. Terus yang kedua, kita juga yakin bahwa, customer kita, misalnya yang beli iPhone, yang beli drone (DJI), sudah jelas customer itu akan menjadi customer potensial kita, untuk mobil. Jadi sinerginya ada. Kita punya hampir 13 juta pelanggan saat ini dan kita sudah punya database yang kuat,” bilangnya lagi.
Sebagai informasi, PT Sinar Eka Selaras Tbk (ticker code: ERAL) atau Erajaya Active Lifestyle adalah entitas anak usaha Erajaya Group yang fokus di bidang marketing, distribusi, dan juga jaringan retail produk active lifestyle, termasuk produk Internet of Things (IoT) dan ekosistemnya, perangkat gadget gaya hidup, smart home dan produk-produk metro active lifestyle.
Saat ini ERAL dipercaya menjadi perwakilan merek-merek ternama seperti Apple, DJI, Garmin, IT (Immersive Tech), Lamina, Loops, Marshall, Nothing, OPPO, Samsung, SHOKZ dan banyak lagi merek global lainnya.
Hingga akhir September 2024, ERAL mengoperasikan 145 outlet retail di bawah bendera retail 6IXTY8IGHT, ASICS, DJI Experiences Store, Garmin Brand Stores, JD Sports, MST Golf, Urban Republic, dan lain-lain.
(lua/din)