Jakarta –
Honda PCX sudah mengaspal di Indonesia sejak tahun 2010. Selama 14 tahun berkiprah, seberapa banyak kompetitor Yamaha Nmax ini populasinya?
Kali pertama PCX hadir di Tanah Air ialah pada tahun 2010, kala itu masih diimpor utuh (completely built up) dari Thailand yang masih menggendong mesin 125 cc. Modelnya pun berganti dengan kapasitas mesin 150 cc pada tahun 2012.
Pada 2014, PT AHM kemudian mengimpor PCX 150 dari Vietnam. Lalu empat tahun kemudian baru merakit PCX di pabrik Sunter, Jakarta Utara. Termasuk salah satunya PCX Hybrid pada tahun 2018.
Masuk tahun 2021, PT Astra Honda Motor resmi merilis PCX 160, menggantikan versi terdahulunya PCX 150.
Thomas Wijaya, Executive Vice President Director AHM mengatakan Honda PCX saat ini sudah masuk generasi kelima.
“Pada hari ini kami memberikan total penyegaran secara menyeluruh dari sisi desain dan dari sisi kecanggihan fitur pada Honda PCX generasi terbaru,” kata Thomas saat peluncuran di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (7/12/2024).
Selama 14 tahun berkiprah di pasar otomotif nasional, kira-kira sudah berapa banyak unit yang mengaspal di jalanan Indonesia?
“Sejak 2010, waktu kita (penjualan awal) impor, sampai sekarang itu populasinya 2,2 juta. Total tahun ini (2024) saja 500 ribuan,” ujar Marketing Director PT Astra Honda Motor Octavianus Dwi Putro di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (7/12/2024).
Untuk menjaga momentum tersebut PT AHM pun merilis varian terbaru RoadSync, sebagai trim paling teratas. Sebagai fitur pembeda, suspensi pada tipe RoadSync juga telah menggunakan Subtank Rear Suspension.
RoadSync merupakan fitur yang punya konektivitas dengan smartphone. Fitur ini berfungsi sebagai navigasi, telepon, musik, message, hingga voice command.
Pembaruan Honda PCX 160 untuk semua varian menghadirkan USB Type-C Charger terbaru, di mana sudah tersedia socket untuk melakukan pengisian daya. Skutik premium ini juga telah didukung dengan Honda Smart Key System yang dilengkapi Anti-Theft Alarm dan Answer Back System pada semua tipe.
Honda PCX 160 terbaru ini memiliki sentuhan baru dengan model dual headlamp. Selain itu bagian fairing dibuat lebih lebar dan agresif dengan tambahan lekukan-lekukan. Sama seperti generasi sebelumnya, generasi PCX 160 terbaru ini juga memiliki fitur lampu DRL LED.
Lanjut ke buritan belakang, ada sedikit perubahan desain pada lampu rem dan lampu seinnya.
Sebelumnya lampu remnya berbentuk siluet huruf ‘X’ kini berubah menjadi bertingkat dibuat lebih simple menyatu dengan body. Sementara itu lampu seinnya menjorok ke bawah, jadi seperti taring.
Pangsa pasar Matic AT High bertumbuh
Honda menyebut pasar motor matik terus bertumbuh, terutama di segmen AT high. Dari kontribusi penjualan Honda, PCX menyumbang penjualan 11 hingga 12 persen.
“Kita melihat segmen matik ini kontribusinya sekarang sudah di atas 90 persen. Kemudian di segmen matic ini berkembang AT high. Kita ingin memberikan pilihan bagi konsumen,” kata Thomas.
(riar/rgr)