Jakarta –
Mobil Toyota Kijang Innova Zenix sedang naik daun, khususnya tipe Hybrid. Musababnya, mobil itu dipakai Paus Fransiskus dan Presiden Jokowi belum lama ini.
Keduanya diketahui menggunakan mobil Kijang Innova Zenix tipe Hybrid. Bedanya Paus Fransiskus menaiki tipe V, sedangkan Presiden Jokowi menggunakan tipe Q, atau versi tertinggi.
Di acara Hub Space 2024, pihak Toyota mengungkapkan alasan kenapa mobil tersebut cocok digunakan untuk tamu kenegaraan.
“Yang pertama mobil ini benar-benar didesain untuk jalanan Indonesia, jadi sangat cocok dipakai di Indonesia siapa pun yang pakai,” ungkap salah seorang petugas booth kepada detikcom, di JIExpo Kemayoran, Jakarta (6/9/2024).
“Dan kedua karena ini mobil medium MPV which is di dalamnya seven seater jadi sangat cocok, sangat nyaman, terus kita juga sudah siapkan semuanya (fitur), jadi sangat cocok untuk tamu kenegaraan dan lainnya,” imbuh dia.
Soal fitur, ia mengatakan terdapat kelebihan yang dimiliki oleh mobil ini. Salah satunya adalah fitur keamanan mutakhir yang membuat perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman.
“Banyak banget (fiturnya), ini sudah dilengkapi Toyota Safety Sense yang paling update sekarang, jadi fiturnya sih ini mungkin saya bilang mobil Rp 600 jutaan, (tapi) fitur (di mobil) sekitar Rp 1 M ke atas,” tuturnya.
Toyota Innova Zenix Hybrid Foto: dok. Moch Prima Fauzi/detikcom
|
Ia mengatakan mobil yang dipakai oleh kedua tokoh kenegaraan tersebut sama persis yang dijual di pasaran. Hanya tipenya saja yang berbeda antara yang dipakai oleh Paus Fransiskus dan Presiden Jokowi.
“Persis (dengan Innova Zenix yang dijual di pasaran), sama-sama khususnya yang dipakai itu tipe hybrid HEV, cuma memang yang dipakai Paus itu tipe V hybrid tapi kalau yang dipakai oleh Pak Jokowi itu tipe yang tipe Q tipe yang tertinggi,” pungkasnya.
Spesifikasi Kijang Innova Zenix
Sebagai informasi, Toyota Kijang Innova Zenix sudah mengusung fitur Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. TSS 3.0 pada Toyota Kijang Innova Zenix antara lain Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) & Lane Tracing Assist (LTA), serta Automatic High Beam (AHB).
Di balik dapur pacunya, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid menggabungkan mesin TNGA 2.000 cc M20A-FXS (152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm) dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Hasilnya, tenaga gabungan mencapai 186 PS. Tenaganya meningkat dibanding Innova Reborn bensin (139 PS) maupun diesel (149 PS). Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV dibekali baterai hybrid Ni-MH yang dikemas dalam paket compact dan disimpan di bawah kedua jok depan tanpa mengurangi ruang di area kabin.
Seluruh tipe Toyota Kijang Innova Zenix dilengkapi dengan transmisi CVT berkode K120. Transmisi ini mengombinasikan sabuk baja dan gigi transmisi yang dapat memperlebar jangkauan rasio transmisi. Mode Sequential Shiftmatic 10-speed diadopsi untuk memungkinkan perpindahan gigi seperti transmisi manual. Ada juga uphill/downhill shift control untuk melewati rute pegunungan. Khusus tipe Hybrid, ditambahkan mode berkendara EV selain Eco, Normal, dan Power.
(prf/ega)