Jakarta –
Ketika naik pesawat, banyak penumpang yang mengharapkan pramugari membantu mereka menyimpan koper di kabin. Meski begitu, tidak sedikit yang kecewa saat pramugari menolak melakukannya.
Hal ini seringkali menimbulkan pertanyaan, mengapa mereka tidak mau membantu. Adakah alasan di baliknya?
Alasan Pramugari Tak Mau Bantu Angkat Koper Penumpang ke Kabin
Ada alasan mengapa pramugari yang tak mau simpan koper penumpang di kabin. Menurut pernyataan juru bicara Asosiasi Pekerja Amerika dan pramugari maskapai luar negeri berdasarkan laman Inside hook, AFAR dan The Mirror, berikut beberapa alasannya:
1. Bukan Tugas Pramugari
Bukan karena layanan yang buruk atau pramugari kelelahan, namun menyimpan barang di kabin memang bukanlah tugas pramugari. Menurut seorang juru bicara Asosiasi Pekerja Komunikasi Amerika (CWA), Taylor Garland, pramugari tidak dilatih untuk mengangkat barang bawaan penumpang. Sebab hal itu merupakan penyebab utama cedera.
“Selain risiko ekonomi dan kesehatan bagi pramugari, hal ini dapat menyebabkan penundaan atau bahkan pembatalan penerbangan.” kata Tailor.
2. Cedera Tidak Ditanggung Perusahaan
Menanggapi pernyataan Tailor, pramugari bernama Kat Kamalani juga mengatakan bahwa mengangkat koper ke kabin bukanlah tugas pramugari. Sebab, cedera yang dialami pramugari tidaklah ditanggung asuransi.
“Semua orang mengira tugas pramugari adalah mengangkat barang bawaan Anda ke tempat penyimpanan, tetapi bukan itu. Sebenarnya, maskapai kami, dan banyak maskapai lain, memberi tahu Anda ‘jangan lakukan ini’ karena Anda akan mengalami banyak cedera karenanya. Dan Anda bahkan tidak ditanggung asuransi,” katanya.
3. Ada Pramugari yang Tidak Dibayar Sampai Pesawat Ditutup
Menurut Pramugari maskapai Amerika bernama Cierra Mistt dalam postingan TikTok, ada maskapai yang tidak membayar pramugari sampai semua penumpang naik dan pintu pesawat ditutup. Selama proses naik pesawat mereka belum dibayar. Jadi, potensi hal buruk yang terjadi, seperti cedera akan dihindari pramugari.
Meski begitu, beberapa maskapai seperti Southwest dan JetBlue memiliki kebijakan bahwa membantu penumpang menyimpan barang bawaan menjadi budaya perusahaan. Menurut juru bicara Southwest, Chris Perry, pramugari diizinkan membantu penumpang meski bukan persyaratan.
Istilah membantu di sini bukan benar-benar mengangkat tas penumpang sendiri. Namun bisa berarti membantu menuntun koper, memberi saran mengenai posis koper, meminta penumpang lain mengubah posisi tas, hingga membantu mengangkat bawaan secara bersama-sama.
Saksikan juga Sosok: Rumah Anak Bumi, dari Ridwan Manantik untuk Anak Negeri
(elk/row)