Jakarta –
Italia mempertimbangkan menetapkan Undang-Undang baru untuk memverifikasi ulasan hotel. Pengulas harus mampu membuktikan kunjungan dan identitas, demi transparansi dan perlindungan bisnis.
Mengutip CNN, Senin (20/1/2024), mengeluh tentang fasilitas wisata yang buruk akan semakin sulit di Italia jika undang-undang baru yang sedang dipertimbangkan oleh parlemen negara itu mendapat lampu hijau. Aturan itu didukung oleh Menteri Pariwisata Italia Daniela Santanchè.
Jadi mereka akan membebankan tanggung jawab kepada situs ulasan perjalanan, seperti Tripadvisor untuk memverifikasi bahwa siapa pun yang memberikan ulasan benar-benar mengunjungi tempat yang mereka ulas dan tidak dibayar untuk menulis penilaian positif.
Setiap ulasan harus diverifikasi dengan kartu identitas yang valid dan pengulas harus membuktikan bahwa mereka berada di tempat tersebut dalam waktu dua minggu setelah menulis ulasan.
Menurut draf rancangan undang-undang tersebut, yang diperkirakan akan lolos di kedua majelis parlemen tanpa perlawanan, dimaksudkan untuk mengurangi persaingan tidak sehat, mengekspos iklan tersembunyi, dan membasmi penipuan.
“Hari ini menandai sebuah langkah penting bagi perlindungan bisnis kita,” ujar Santanchè saat memperkenalkan undang-undang tersebut.
“Kami menjaga komitmen kami dalam mempertahankan struktur kewirausahaan pariwisata Italia dengan menjamin pasar yang adil dan transparan,” katanya.
Katanya kepada parlemen, ia mengatakan bahwa “intervensi regulasi” akan menjamin bahwa ulasan, yang sering kali menjadi faktor utama dalam memutuskan untuk memesan hotel atau membuat reservasi restoran, akan jujur. Dia yakin langkah itu akan melindungi pekerjaan dan meningkatkan kualitas pariwisata.
Bagaimana ulasan ditulis juga akan terkena dampaknya, dan hak untuk menjawab dan menuntut penghapusan ulasan buruk oleh hotel atau restoran juga tercakup dalam rancangan undang-undang tersebut.
Undang-undang ini juga memungkinkan entitas pariwisata untuk meminta penghapusan ulasan buruk bahkan ulasan yang benar setelah dua tahun jika masalahnya telah diatasi.
(msl/fem)