Jakarta –
Mengarungi 2025, platform video pendek, Snack Video, akan semakin agresif lagi dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Berbagai strategi dilancarkan Snack Video agar menarik minat pasar Indonesia.
Menurut Country Manager Snack Video Indonesia, Teng Yee Kiong, Snack Video mengklaim masih menjadi salah satu platform video pendek terbaik di Indonesia, dengan peningkatan jumlah kreator baru sebesar 20% dan lebih dari 10 ribu view hanya dalam sepekan. Dibanding tahun 2023 lalu, Snack Video tumbuh 85%.
“Kami mengalami 3% pertumbuhan user retention secara tahunan dan 5% pertumbuhan daily average duration secara tahunan. Konten yang ada di kami juga kian beragam seperti show up vertikal baru, pembacaan puisi, DJ, lukisan, Cosplay dan sebagainya,” ujar Yee Kiong dikutip dari siaran persnya, Kamis (16/1/2025).
Di 2024, Snack Video menghadirkan komunitas online bernama ‘Desa Snack’ yang langsung mendapatkan popularitasnya di antara 50% lebih pengguna aktif. Kurang dari lima bulan usai diluncurkan, Desa Snack berhasil menggaet talent pool dengan stabil di kisaran 100 kreator.
Sementar itu, Live Streaming Operation Manager Snack Video, Fenni Adella, menyebutkan platformnya tumbuh pesat di sepanjang 2024 lalu. Ia mencatat pertumbuhan 20% Active Host, agencies, dan daily average live duration. Kemudian peningkatan sebesar 150% spender revenue per year, sekitar USD 500-USD1 0.000
“Di 2024, kami melihat banyaknya orang dengan bakat besar yang muncul dan live di Snack Video. Ada pertumbuhan dengan jumlah yang signifikan baik dari sisi user maupun host,” imbuhnya.
Strategi Snack Video di 2025
Ditambahkan Kiong, Snack Video akan fokus pada tiga hal di 2025 ini. Pertama, menjaga stabilitas agensi dan kebijakan host, mekanisme layanan pengguna serta event intensity and mechanism.
Kedua, untuk memenuhi kebutuhan yang terus bertambah, perusahaan akan mengalokasikan lebih banyak sumber daya pada perekrutan agensi dan host. Ketiga, dari sisi konten, akan fokus pada empat kategori utama yakni singing & dancing, life record, challenge serta religion. Konten berkualitas di kategori lain juga masih akan dikembangkan sambil fokus membangun benchmark showcases di tiap kategori konten.
Salah satu program yang dijalani Snack Video dengan Live Gala 2024 yang digelar di Styles Serpong BSD City pada Jumat, 10 Januari 2025. Acara yang dihadiri lebih dari 250 orang yang terdiri dari Hosts, Agency, dan kreator yang datang dari Sumatera, Jawa, NTT, Kalimantan dan Sulawesi ini menjadi malam perayaan perjalanan Snack Video di Tanah Air selama lebih dari empat tahun terakhir.
Mengambil tema Nusantara, Snack Video Live Gala 2024 diwarnai dengan berbagai penampilan tradisional, gim carnaval (Dart Baloon, Hit Can Ball Knockdown, Ring Toss, Big Punch Arcade), pembagian door prizes serta penganugerahan kepada 47 pemenang.
Pemenang dihadiahi tropi, sertifikat hingga uang tunai sampai dengan Rp1 miliar bagi Gala Winner. Adapula hadiah smartphone dan TV bagi best costume serta hadiah-hadiah lainnya seperti iPad, iPhone, Airpods, Apple SmartWatch, dan ponsel Android.
(agt/rns)