Jakarta –
PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daop 1 Jakarta mengungkapkan kini masyarakat bisa memesan jasa porter secara online sebelum perjalanan melalui fitur e-Porter yang terhubung melalui aplikasi Access by KAI.
Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko menjelaskan layanan ini ditujukan untuk memudahkan penumpang agar tidak bingung mencari porter atau pramubarang, pengguna jasa angkutan kereta api. Terlebih lagi di saat momen Natal dan Tahun Baru 2024/2025 yang mengalami lonjakan penumpang.
“Saat ini untuk memudahkan penumpang, sudah tersedia di aplikasi Access by KAI fitur E-Porter dengan cara pesan order sekarang, kemudian penumpang bisa memasukkan atau menginput nomor petugas porternya ataupun bisa dengan Scan Barcode yang ada di identitas porternya,” ujar Ixfan dalam keterangan tertulis, Kamis (26/12/2024).
Ixfan mengatakan, porter pada yang di Stasiun Gambir dan Pasar Senen totalnya ada 416 porter yang bekerja untuk melayani penumpang.
Pada Stasiun Gambir ada 240 orang porter yang dibagi menjadi 2 shift sedangkan di Stasiun Pasar Senen ada 176 orang porter yang dibagi menjadi 2 shift.
Die menjelaskan bahw porter yang ada di stasiun stasiun kereta api bekerja sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku agar penumpang merasa nyaman dan aman saat menitipkan barang bawaannya untuk dibawa oleh porter.
“Porter yang ada pada Kereta Api Indonesia (KAI) harus bekerja sesuai SOP, tertib aturan di lokasi saat menjalankan pekerjaannya kemudian harus prioritaskan layanan penumpang agar penumpang merasa aman saat menitipkan barang bawannya dan memastikan penumpang mendapatkan layanan terbaik,” ucap Ixfan.
Selain porter, KAI Daop 1 Jakarta juga berkolaborasi dengan mahasiswa dari Institute Teknologi Logistik (ITL) Trisakti dan Railfans untuk membantu memberikan informasi dan panduan serta melayani arus penumpang kereta api yang ada di stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta selama libur Natal dan Tahun Baru 2025.
(kil/kil)