Jakarta –
Industri kecantikan Indonesia menjadi salah satu sektor yang saat ini sedang mengalami pertumbuhan. Bahkan data Kemenko Perekonomian besarnya potensi industri kosmetik nasional dalam beberapa tahun terakhir didorong oleh pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia.
Secara angka sejak tahun 2018 hingga 2022, produk personal care dan kosmetik konsisten berada dalam tiga besar kategori dengan penjualan tertinggi di marketplace, mencatatkan nilai transaksi mencapai Rp 13.287,4 triliun dan volume transaksi sebesar 145,44 juta. Tren ini mendorong banyak brand kosmetik lokal untuk bersaing dan terus menunjukkan inovasi di pasar kecantikan nasional, salah satunya True to Skin.
True to Skin menjadi salah satu merek skincare lokal yang berhasil meraih popularitas dengan menawarkan produk-produk unggulan berbasis bahan alami dari dalam negeri.
“Sejak awal berdirinya True to Skin, kami berupaya menghadirkan produk yang relevan dengan kebutuhan konsumen Indonesia melalui inovasi berkelanjutan dan formulasi yang berkualitas tinggi. Beberapa produk unggulan kami meliputi Skinlike Porefecting Cushion SPF 35 PA++++, produk dengan coverage medium hingga tinggi, hasil akhir satin matte, dan terasa ringan di kulit, serta Matcha Oat Gentle Cleanser dan Sunfriends Sunscreen Gel SPF 50 PA++++, yang efektif melindungi kulit dari paparan sinar UV dengan formulasi yang nyaman untuk iklim tropis,” kata Owner True To Skin Riska Elastria dalam keterangan, Senin (25/11/2024).
Dia mengatakan bisnisnya didirikan berdasarkan pengalaman pribadi saat menghadapi permasalahan kulit yakni jerawat. Riska saat itu sudah mencoba berbagai produk perawatan kulit dan obat dari dokter, namun kulitnya masih sering iritasi karena belum mengetahui bahan-bahan yang tepat untuk kondisi kulitnya.
Berangkat dari pengalaman itu, Riska pun terinspirasi menciptakan produk skincare berbahan alami yang aman digunakan oleh segala usia, mulai dari remaja usia 14 tahun hingga orang dewasa, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik masing-masing kulit.
“Di True to Skin hanya ada 3 Serum yaitu Bakuchiol, Niacinamide dan Hyaluronic acid di mana ketiga serum tsb menjadi basic skincare dan juga aman yang bisa digunakan setiap hari (termasuk all skin type). True to Skin membuat skincare dari ingredient yang natural agar semua bisa mencoba tanpa merasa takut atau ada batasan umur namun memiliki manfaat yang luar biasa,” ujar Riska.
Memanfaatkan Interaksi Digital untuk Pertumbuhan Penjualan
Dia mengatakan di tengah persaingan ketat di industri kecantikan, True to Skin pun terus berinovasi dengan strategi pemasaran yang adaptif dan kreatif. Berjualan di e-commerce yakni Shopee pun menjadi cara jitu True to Skin untuk bisa terhubung dengan para pembelinya.
Sejak memanfaatkan fitur Shopee Live untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, True to Skin berhasil menghadirkan pengalaman yang lebih personal dan interaktif. Konsumen pun dapat mengenal produk secara langsung, menciptakan koneksi yang lebih dekat antara brand dan pelanggan.
“Shopee Live berhasil berkontribusi sebesar 52% terhadap total pendapatan True to Skin, dan hal ini menunjukkan kekuatan dari interaksi langsung dengan konsumen,” ujar Riska.
True to Skin pun membangun komunitas dengan program Affiliate. Konsumen dan penggemar produk dapat menjadi mitra, mempromosikan produk melalui media sosial mereka dan mendapatkan komisi.
“Dengan langkah ini, kami tidak hanya memperluas jangkauan, tetapi juga menciptakan komunitas brand advocates yang setia, memperkuat kesadaran dan kepercayaan konsumen,” jelas Riska.
Untuk memberikan pengalaman baru dan menarik bagi pelanggan, True to Skin meluncurkan produk eksklusif di Shopee, yaitu Concealer mulai dari tanggal 20 November 2024. Pengguna juga bisa menikmati berbagai penawaran menarik untuk produk terbaru ini, dan berkesempatan untuk mendapatkan produk Skinlike Cover Concealer dari True to Skin dengan harga Rp 69.000 hanya di Shopee.
“Kami ingin seluruh masyarakat dapat merasakan inovasi produk terbaru kami dan menemukan shades yang cocok dengan mudah. Maka dari itu, untuk peluncuran produk terbaru ini kami berkolaborasi bersama Shopee untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan memberikan promo menarik sehingga lebih banyak orang yang dapat mencoba produk ini,” tuturnya.
Riska mengatakan strategi tersebut ditempuh untuk menciptakan hype yang lebih besar dan membangun antusiasme di kalangan pengguna. True to Skin juga berkomitmen untuk memperluas lini produknya dengan fokus pada bahan-bahan alami dan inovasi, mengikuti tren permintaan konsumen akan produk berkualitas dengan harga terjangkau.
Dia menjelaskan dengan kualitas produk yang terjaga dan strategi pemasaran digital yang efektif, True to Skin optimis dapat terus berkembang dan membawa produk skincare lokal ke tingkat lebih tinggi. Riska pun memberikan apresiasi kepada Shopee yang menjadi ruang bagi pelaku skincare lokal untuk memperluas pasar mereka.
“Kami berharap industri kosmetik lokal dapat terus tumbuh dan menjadi kebanggaan Indonesia. Dengan dukungan platform seperti Shopee, kami yakin produk skincare lokal akan semakin digemari, tidak hanya di pasar domestik tetapi juga internasional. True to Skin akan terus berinovasi untuk menghadirkan produk berkualitas terbaik agar dapat bersaing di industri kecantikan globals,” tutupnya.
(akd/ega)