Sabtu, Januari 18


Jakarta

Innova Reborn Diesel matic paling laris di keluarga Innova. Begini catatan penjualannya.

Kijang Innova Reborn diesel matic masih jadi favorit masyarakat Indonesia. Khususnya untuk para pencinta MPV medium dan di keluarga Kijang Innova. Hal itu terlihat dalam data distribusi wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Innova Reborn bermesin diesel dengan transmisi otomatis itu mendominasi.

Sepanjang Januari-Desember 2024, PT Toyota Astra Motor (TAM) tercatat mendistribusikan 16.751 unit Innova Reborn Diesel ke seluruh dealernya. Torehan itu menjadi yang terbanyak di keluarga Kijang Innova. Setelah Innova Reborn, distribusi terbanyak kedua adalah Kijang Innova Zenix Q CVT TSS Modellista. Innova Zenix tipe tertinggi itu terdistribusi sebanyak 10.190 unit.


Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi Suwandy menjelaskan, Innova Reborn memang masih banyak diincar masyarakat dalam negeri lantaran mesin dieselnya.

“Iya banyak karena prefer mesin diesel dan kedua juga overall mobilnya,” terang Anton kepada detikOto, Rabu (15/1/2025).

Sebagai informasi, mesin diesel memang hanya tersemat pada Innova Reborn. Di Innova Zenix keseluruhan mengusung mesin bensin. Pada beberapa varian, mesin bensin itu dipadukan dengan teknologi hybrid sehingga membuatnya lebih irit dalam konsumsi BBM.

Beda Innova Zenix dan Innova Reborn

Toyota Kijang Innova Zenix kini menggunakan platform Toyota New Generation Architecture (TNGA). Toyota Kijang generasi ketujuh di Indonesia ini mengadopsi platform TNGA: GA-C dengan struktur monokok. Platform ini menggantikan struktur ladder on frame pada Kijang sebelumnya. Toyota Kijang Innova Zenix juga beralih menggunakan penggerak roda depan (FWD).

Kijang Innova Zenix versi bensin mengusung mesin 2.000 cc berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine. Mesin berkapasitas 1.987 cc empat silinder dual VVT-i ini menghasilkan tenaga hingga 174 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 204,9 Nm. Sementara varian hybrid menggabungkan mesin TNGA 2.000 cc M20A-FXS (152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm) dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Hasilnya, tenaga gabungan mencapai 186 PS.

Sebagai perbandingan, Toyota Kijang Innova Reborn diesel dilengkapi dengan mesin berkode 2GD FTV dengan empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm.

(dry/din)

Membagikan
Exit mobile version