Kamis, September 19


Jakarta

Satu lagi merek mobil China yang akan masuk Indonesia. Adalah Zeekr, merek mobil premium di bawah naungan Geely Holding Group, yang bakal meramaikan pasar otomotif Indonesia mulai tahun ini.

MPV mewah bertenaga listrik Zeekr 009 akan menjadi salah satu line up yang ditawarkan Zeekr di Indonesia. Untuk diketahui, Zeekr 009 adalah mobil listrik berbentuk MPV mewah, calon pesaing Alphard. Bahkan, Zeekr 009 bakal menjadi MPV mewah bertenaga listrik pertama yang akan dijual di Indonesia.

“Ya, Zeekr 009 akan menjadi Luxurious MPV listrik pertama di Indonesia. Kami percaya bahwa Zeekr 009 memiliki potensi untuk mewarnai pasar Indonesia,” kata Marketing & PR Head Zeekr Indonesia Lano Tungka belum lama ini.


Memang beberapa waktu lalu sempat dipamerkan MPV mewah bertenaga listrik seperti Maxus Mifa 9 dari MG dan Denza D9 dari BYD. Namun, kedua MPV mewah bertenaga listrik itu belum resmi dijual di Indonesia.

Lano belum bisa mengungkapkan kapan waktu peluncuran Zeekr 009. Namun, Lano membocorkan bahwa pihaknya akan meluncurkan mobil listrik Zeekr pada tahun ini.

“Kemungkinan menjelang akhir tahun,” singkatnya.

Sebelum meluncur di Indonesia, detikOto mendapat kesempatan untuk menjajal langsung Zeekr 009. Bukan di jalan raya, Zeekr menawarkan kami mengendarai Zeekr 009 di sirkuit, tepatnya di Ningbo International Circuit, Ningbo, Provinsi Zhejiang, China.

Awalnya agak meragukan, apa iya MPV mewah bisa digeber di sirkuit? Mengingat sirkuit biasanya identik dengan kendaraan performa tinggi. Tapi, keraguan itu terbantahkan setelah saya mengendarai Zeekr 009 di sirkuit milik Geely sepanjang lebih dari 4 km itu.

Sebelum menggeber Zeekr 009 di sirkuit, mari kenalan dulu sama MPV mewah dari Zeekr ini.

Desain Eksterior

Dari desain eksteriornya, sudah tampak bahwa Zeekr 009 ini adalah MPV premium. Zeekr 009 memiliki dimensi panjang 5.209 mm, lebar 2.024 mm, dan tinggi 1.812 mm dengan wheelbase 3.205 mm dan ground clearance 142 mm.

Zeekr 009 Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Di bagian depan, terlihat Zeekr 009 mengadopsi lampu utama Intelligent Matrix LED Projection Headlamps. Ada juga Adaptive Driving Beam (ADB) with Intelligent Zoning Lighting dan Adaptive Frontlighting System (AFS).

Di bagian samping, Zeekr 009 tampil keren dengan velg mewahnya. Desain velgnya seperti mobil ultramewah dari pabrikan Eropa. Pilihan velgnya ada ukuran 19 inci dan 20 inci.

Zeekr 009 Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Fitur-fitur yang ada di Zeekr 009 antara lain pintu geser elektrik, E-latch Front Door, Electric Liftgate with Height Adjustment & Memory Function, hingga Rear Side Window Roll-up Sun Screen (manual). Ada juga Front and Rear Double Panorama Sunroof with Electric Sun Shield.

Interior Mewah

Saat membuka pintu, kita akan disambut oleh kemewahan Zeekr 009. Material lapisan kulit Nappa yang dipilih menambah kesan mewah. Tata letak interiornya dirancang sedemikian rupa sehingga memanjakan para penghuninya.

Dasbor Zeekr 009 Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Di bangku baris depan, hadir cluster meter dengan layar LCD ukuran 10.25 inci Full HD. Ditambah, di bagian tengah ada layar hiburan OLED CSD Touch Screen berukuran 15.05 inci. Sistem hiburannya bisa terkoneksi dengan sistem Apple CarPlay dan Android Auto loh. Ada juga AR HUD 35,95 inci yang memberikan berbagai informasi lengkap untuk pengemudi saat berkendara.

Zeekr memang menawarkan mobil-mobilnya dengan fitur canggih. Maka itu, Zeekr menyematkan Connected Service Network dengan koneksi 5G/WIFI/WIFI Hotspot. Untuk penumpang baris belakang, sudah tersedia layar OLED 17 inci yang tertanam di bagian atapnya.

Zeekr 009 disematkan 30 YAMAHA Suround Stereo Luxury Speakers. Bahkan ada 8 YAMAHA Loudspeakers di headrest joknya.

Interior mewah Zeekr 009 Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Di China, Zeekr 009 hadir dengan beberapa konfigurasi, seperti 7 seater, 6 seater, bahkan ada yang 4 seater yang lebih mewah. Namun, yang masuk Indonesia mungkin versi yang 7 dan 6 seater.

Duduk di baris kedua, kalian akan dimanjakan dengan kemewahannya. Zeekr 009 memang sangat memanjakan penumpang belakang, khususnya baris kedua. Joknya luas, bisa diatur secara elektrik, dan pastinya sangat nyaman.

Untuk penumpang baris kedua, terdapat fitur pemijat di bagian joknya. Jadi kalau capek seharian meeting, langsung dimanjakan oleh mobil ini selama perjalanan pulang. Joknya juga bisa mengeluarkan udara hangat, cocok saat digunakan saat musim dingin.

Jok belakang bisa direbahkan sehingga menambah kenyamanan. Ada juga sandaran kaki ottoman untuk menaruh kaki saat selonjoran yang membuat perjalanan tambah nyaman.

Sistem Keamanan Jempolan

Zeekr 009 hadir dengan sistem keamanan yang jempolan. Dalam sebuah video yang dibagikan, pengetesan keamanan Zeekr 009 sampai ditiban truk molen. Bukannya ringsek, Zeekr 009 tetap utuh, hanya lecet sedikit di bagian atapnya.

Maklum, Zeekr 009 dibangun di atas platform Sustainable Experience Architecture (SEA) yang sangat kokoh. Apalagi, Zeekr juga masih saudaraan dengan Volvo, merek mobil Swedia yang dikenal dengan julukan ‘Tank Swedia’ karena kekuatan mobilnya. Zeekr dan Volvo sama-sama berada di bawah naungan Geely Holding Group.

[Gambas:Instagram]

Fitur-fitur keamanannya antara lain ada 7 buah airbag, Safe Anchor Seat System, Child Care System, hingga Door Emergency Unlock, termasuk Crash Unlock.

Tak cuma itu, Zeekr 009 mendapatkan fitur Visual Park Assist 360 (Camera), Digital Video Record (DVR), Electronic Stability Program (ESP), Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Hill Start Assist (HSA), Hill Descent Control (HDC), Anti Rolling Program (ARP), Traction Control System (TCS), Cornering Brake Control (CBC), Distributed Traction Control System (dTCS), Direct Tire Presure Monitoring System (D-TPMS), Brake Assist System (incl. Improved Brake Distance, Fade Brake Support), Emergency Braking Light Flash, serta Low-Speed Pedestrain Warning Sound.

Fitur Advance Driving Assistance System (ADAS) pada Zeekr 009 juga sangat lengkap. Di dalamnya ada LCC (Lane Centering Control), ACC (Adaptive Cruise Control), CMSF (Collision Mitigation Support Front), CMSR (Collision Mitigation Support Rear), LKA (Lane Keeping System, termasuk LDW, LDP), BSD (Blind Spot Detection), DOW (Door Open Warning), TSI (Traffic Sign Information), DPS (Driver Performance Monitor), Speeding Reminder (Warning Sound), Capacitive Steering Wheel Hands-off Monitoring, FCTA (Front Cross Traffic Alert), RCTA (Rear Cross Traffic Alert), APA (Autonomous Parking Assist), PEB (Parking Emergency Brake), dan ALC (Auto Lane Change).

Geber Zeekr 009 di Sirkuit di Tengah Guyuran Hujan Deras

Sayang sekali saat kami datang ke Ningbo International Circuit untuk menguji coba mobil-mobil Zeekr, hujan deras mengguyur. Meski begitu, kami tetap diberi lampu hijau untuk mengeksplorasi mobil-mobil Zeekr, walaupun dengan penuh kehati-hatian.

Zeekr 009 Foto: Dok. Zeekr

Kekhawatiran menggeber Zeekr 009 di sirkuit saat hujan deras adalah soal kestabilannya. Sebab, kesan pertama yang melintas di kepala melihat mobil MPV bongsor digeber di sirkuit adalah gejala ‘mantul-mantul’ saat menikung.

Tapi kenyataannya tidak. Kami lebih pede menggeber Zeekr 009 saat hujan di sirkuit setelah melihat data spesifikasi kendaraan yang menyebutkan beragam fitur keamanan dan keselamatannya.

Sebagai informasi, Zeekr 009 telah dibekali air suspension. Jadi, meskipun diajak menikung dengan kecepatan yang lumayan tinggi, mobil ini tetap aman dan stabil. Kami juga diminta untuk melewati salah satu rintangan menantang, yaitu mengebut dengan gaspol dan mengubah arah secara tiba-tiba. Hasilnya, meskipun aspal sangat basah dan licin, mobil ini tetap stabil.

Zeekr 009 Foto: Dok. Zeekr

Performanya juga terbilang baik. Sebagai gambaran, Zeekr 009 dibekali motor listrik bertenaga tinggi dengan penggerak semua roda (all wheel drive/AWD). Kolaborasi dua motor di depan dan belakang dengan baterai tipe Li(NiCoMn)O2 berkapasitas 116 kWh dengan daya jangkau 582 km (WLTP) membuat mobil ini dapat melesat dengan cepat. Akselerasi dari posisi diam sampai kecepatan 100 km/jam dapat dituntaskan hanya dalah 4,5 detik. Kecepatan tertingginya mencapai 210 km.

Di atas kertas, Zeekr 009 memiliki tenaga maksimal 450 kW dengan torsi maksimal 693 Nm. Maka tak perlu diragukan lagi soal performanya.

Zeekr 009 juga dibekali beberapa pilihan mode berkendara atau Drive Mode. Ada mode Comfort, ECO, Sport, Snow dan Individual yang bisa dipilih pengemudi sesuai keinginan dan kondisi jalan.

Kesimpulan

Kalau harganya di Indonesia kompetitif, Zeekr009 bakal menjadi pilihan menarik bagi kalangan berkocek tebal yang menginginkan mobil mewah, fitur melimpah, nyaman dan ramah lingkungan. Alphard pun harus waspada karena Zeekr menawarkan sistem keamanan jempolan, fitur canggih, dan sudah bertenaga listrik sepenuhnya. Secara keseluruhan, Zeekr 009 tak terasa seperti mobil China yang dikenal dengan ‘mobil murah’. Zeekr 009 tak bisa dipandang sebelah mata sebagai mobil China, apalagi ada sentuhan tim desain global di dalamnya dan satu basis juga dengan “tank Swedia”, Volvo. Meminjam kata-kata Ketua Umum Golkar Bahlil Lahadalia, “Ngeri-ngeri sedap barang ini.”

Namun, Zeekr belum membocorkan harga lengkap Zeekr 009 untuk pasar Indonesia. Sebagai gambaran, Zeekr 009 sudah meluncur versi setir kanannya di Hong Kong. Di sana, Zeekr 009 dijual dengan harga 755.000 dolar Hong Kong atau sekitar Rp 1,5 miliar. Sementara itu, Toyota Alphard di Indonesia saat ini dijual Rp 1,4 sampai 1,7 miliaran.

(rgr/din)

Membagikan
Exit mobile version