
Jakarta –
YouTuber Ryu Kintaro tak seperti anak seusianya yang masih sibuk bermain. Ia justru memilih berjualan jamu.
Bukan tanpa sebab, langkah ini dilandasi oleh Ryu yang pernah sakit dan mengonsumsi jamu sebagai alternatif. Sayangnya, rasa pahit jamu dari ibu membuatnya enggan minum dan dari situlah muncul ide besar.
“Kenapa sih nggak ada jamu yang rasanya enak dan nggak pahit, jadi aku bisa suka minumnya?” ujar pemilik 1,32 juta subscriber tersebut saat dihubungi, Rabu (26/2/2025).
Bermodalkan YouTube adsense dan endorsement, Ryu Kintaro akhirnya merealisasikan ide tersebut dengan buka kafe jamu Tjap Nyonya Kaya. Ia menyebut usahanya berbeda.
“Jamu aku ini beda, rasanya enak, menyegarkan, dan nggak pahit sama sekali. Jadi, anak kecil pun suka minum. Tapi jangan khawatir, khasiat jamunya tetap ada dan kita nggak pakai pemanis buatan, jadi tetap sehat,” tuturnya.
Revolusi Ryu yang memodifikasi jamu tradisional ini terbukti laris manis seusai 6 bulan beroperasi. Ia pun punya misi mulia dari jualan tersebut.
“Saya ingin lebih banyak orang tahu bahwa jamu itu bisa enak dan tetap sehat. Harapannya, semakin banyak orang, terutama anak-anak, yang mulai suka minum jamu,” katanya.
Usaha Ryu tak hanya sukses dari sisi bisnis, tapi juga berhasil dapat penghargaan bergengsi tingkat global. Berkat manfaat dan keunikan produknya, ia terpilih South East Asia Young Entrepreneur X Factor 2025.
“Saya sangat bersyukur dan bangga bisa mewakili Indonesia di ajang ini. Ini bukti bahwa usia bukanlah batasan untuk berkarya dan berinovasi. Saya berharap prestasi ini bisa menginspirasi anak-anak lain di Indonesia untuk terus bermimpi besar dan bekerja keras,” pungkasnya.
(mau/pus)