Minggu, Oktober 6

Jakarta

Platform video YouTube meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna dapat memeriksa fakta video melalui sebuah catatan yang ditambahkan oleh pengguna lain.

Dilansir detiKINET dari PhoneArena, Kamis (20/6/2024) YouTube mengatakan kemampuan untuk menambahkan catatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada pengguna tentang apa yang mereka sedang tonton.

Misalnya, dengan penambahan catatan dapat memberikan penjelasan kapan sebuah lagu dimaksudkan menjadi sebagai parodi atau catatan yang ditambahkan dapat menunjukkan versi terbaru dari produk yang sedang diulas tersedia.


Selain itu, fitur catatan ini akan sangat berguna untuk menginformasikan kepada penonton lain jika video tersebut adalah rekaman lama yang secara sengaja digambarkan sebagai peristiwa terkini.

Untuk saat ini, fitur penambahan catatan catatan ke video hanya tersedia pada perangkat seluler di Amerika Serikat dan dalam bahasa Inggris. Selain itu uji coba ini juga hanya melibatkan untuk sejumlah kecil kontributor yang memenuhi syarat.

Untuk pengguna lain yang telah memenuhi persyaratan, undangan untuk berpartisipasi dalam pengujian tersebut akan dikirimkan melalui email atau Creator Studio.

Fitur catatan yang ditambahkan akan muncul secara publik di bawah video jika dianggap bermanfaat bagi pengguna secara luas. Penonton nantinya akan diminta untuk memberikan penilaian tentang fitur catatan sebagai ‘membantu’, ‘agak membantu’, atau ‘tidak membantu’ serta alasannya.

Misalnya, apakah catatan tersebut mengutip sumber yang berkualitas tinggi atau ditulis dengan jelas dan netral.

YouTube mengonfirmasi bahwa mereka akan menggunakan algoritma berbasis jembatan untuk mempertimbangkan untuk menentukan catatan apa yang akan dipublikasikan. Algoritma ini telah dirancang secara khusus untuk membantu mengidentifikasi catatan yang bermanfaat bagi khalayak luas dari berbagai perspektif.

(jsn/fay)

Membagikan
Exit mobile version