Sabtu, Oktober 12

Jakarta

Sebuah perusahaan riset pemasaran Lifeshigth.io, menobatkan YouTube sebagai platform media sosial teratas berdasarkan jumlah kunjungan pengguna di sepanjang tahun 2023.

Pada tahun 2023, tercatat penyedia video streaming ini mencatatkan 1,35 triliun kunjungan. Angka tersebut naik 80,49% dari 263,3 miliar kunjungan di YouTube pada tahun 2019. Dengan persentase 67%, mayoritas pengunjung YouTube adalah laki-laki dan hampir 70% menonton video YouTube di perangkat seluler mereka.

Salah satu video iklan ikonik milik Apple yang menunjukkan iklan iPhone pertama-nya yang dirilis pada tahun 2007, menunjukkan YouTube sebagai salah satu aplikasi yang sudah terpasang di iOS hingga iOS 6.


Dalam iklan tersebut mengisyaratkan pada masa itu, masih belum lazim sebuah ponsel memiliki aplikasi YouTube. Iklan tersebut menampilkan seekor anjing bulldog yang sedang bermain skateboard dengan narasi iklan “Mungkin kejutan terbesar adalah menemukan YouTube di ponsel Anda.”

Meskipun YouTube menarik jumlah pengunjung terbesar ke platform media sosial pada tahun 2023, namun salah satu tingkat pertumbuhan terbesar dalam kategori ini selama lima tahun dari 2019-2023 adalah TikTok sebagaimana dilansir detiKINET Phone Arena.

Dengan tingkat pertumbuhan menakjubkan selama lima tahun yang mencapai 6015%, pemain media sosial yang kontroversial ini mengalami peningkatan jumlah kunjungan dari 0,7 miliar pada 2019 menjadi 41,8 miliar pada tahun lalu. TikTok adalah situs mobile-centric yang sama populernya di kalangan pria maupun wanita.

Secara keseluruhan, kunjungan media sosial meningkat 70,56% di seluruh dunia selama lima tahun dari 2019 hingga 2023 dengan jumlah kunjungan meningkat menjadi 1,98 miliar dari 582,9 miliar.

Tiga negara teratas yang menjadi tuan rumah bagi pengunjung ke platform media sosial tahun lalu adalah AS sebanyak 436,1 miliar pengunjung, lalu India 171,8 miliar, dan Brasil 123 miliar.

Dengan persentase 68,65%, sebagian besar pengunjung situs media sosial adalah laki-laki, dan menyisakan 31,35% untuk perempuan. Sebanyak 59,10% lebih suka mengunjungi situs-situs ini menggunakan perangkat seluler mereka.

Berikut sepuluh platform media sosial teratas tahun 2023:

  1. YouTube – 1,35 triliun pengguna
  2. Facebook – 216,4 miliar pengguna
  3. X (sebelumnya Twitter) – 112,9 miliar pengguna
  4. Instagram – 87,3 miliar pengguna
  5. Reddit – Platform komunitas yang didominasi pria
  6. TikTok – 41,8 miliar pengguna
  7. WhatsApp – Digunakan untuk komunikasi lintas platform
  8. LinkedIn – 20,5 miliar pengguna
  9. Twitch – 20 miliar pengguna
  10. Quora – 19 miliar pengguna.

Simak Video “Tentang ‘Jump Ahead’, Fitur Baru yang Tersedia di YouTube Premium
[Gambas:Video 20detik]

(jsn/rns)

Membagikan
Exit mobile version