Minggu, Oktober 6


Jakarta

Perjalanan dari Yogyakarta ke Semarang seringkali ditempuh oleh wisatawan. Kedua kota ini memiliki daya tarik wisatanya masing-masing.

Waktu tempuh dari Yogyakarta ke Semarang tergantung pada moda transportasi yang digunakan. Jika menggunakan mobil atau bis perjalanan bisa lebih lama jika ada kemacetan atau kondisi jalan tertentu.

Adanya kereta api juga menjadi pilihan transportasi yang menawarkan alternatif durasi bervariasi. Jadi, berapa jam perjalanan Yogyakarta ke Semarang? Simak jawabannya di sini.


Yogyakarta ke Semarang Berapa Jam Naik Mobil?

Yogyakarta dan Semarang sama-sma berada di Provinsi Jawa Tengah. Jarak antara Yogyakarta dan Semarang tak terlalu jauh, yaitu 130 km.

Mengutip laman Daihatsu, jika ditempuh dengan kendaraan mobil, waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 2-4 jam. Hal ini tergantung pada rute mana dipilih, kondisi lalu lintas, serta lamanya beristirahat di rest area.

Menurut salah satu situs agen travel, beberapa perjalanan bis juga menawarkan waktu perjalanan 2-4 jam. Berikut contoh perjalanannya.

  • Terminal Jombor ke Ungaran sekitar 2 jam 20 menit
  • Pool Jombor ke Jl Durian Raya 2 jam 30 menit
  • Gondokusuman ke Lintas Kota Semarang 3 jam.
  • Terminal Jombor ke Karangayu 4 jam

Rute Perjalanan Jogja ke Semarang Naik Mobil

Ada beberapa pilihan rute perjalanan naik mobil dari Jogja ke Semarang. Berikut di antaranya.

1. Jalan Jogjakarta-Solo

Rute pertama yang bisa dipilih adalah jalan Jogjakarta-Solo. Waktu tempuh untuk rute ini sekitar 2,5 jam.

Rute ini melalui beberapa kota, seperti Klaten, Karanganyar, dan Solo. Dengan rute ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang indah di sepanjang perjalanan.

2. Tol Solo-Semarang

Rute selanjutnya adalah tol Solo-Semarang yang akan memakan waktu sekitar 2 jam 47 menit. Memasuki jalan tol, rute ini bisa menghindari kemacetan di jalan-jalan utama dengan perjalanan yang lebih lancar.

Pertama, kamu perlu melewati Gerbang Tol Solo Barat, kemudian ke Gerbang Tol Gempol dan lanjut ke Gerbang Tol Bawean, dan Gerbang Tol Semarang. Pada rute ini, kamu bisa menikmati fasilitas lengkap di wilayah rest area 456.

3. Magelang

Pada rute Magelang ini, kamu bisa melewati Candi Borobudur. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk rute Magelang adalah sekitar 3 jam.

Kamu perlu melewati Ambarawa, Secang, dan Magelang. Kemudian lanjutkan perjalanan ke daerah Muntilan hingga ke Semarang.

Jogja ke Semarang Berapa Jam Naik Kereta?

Estimasi waktu dari Jogja ke Semarang adalah sekitar 3 sampai 7 jam. Berikut beberapa contoh perjalanannya:

-Kereta Joglosemarkerto (161) dari Lempuyangan ke Semarang Tawang hanya membutuhkan waktu 3 jam 2 menit
-Kereta Joglosemarkerto (161) dari Wates ke Semarang Tawang 3 jam 47 menit
-Kereta Joglosemarkerto dari Wates ke Semarang Poncol 6 jam 22 menit
-Kereta Joglosemarkerto (167) dari Yogyakarta ke Semarang Tawang 7 jam 2 menit.

Itulah penjelasan mengenai waktu perjalanan dari Yogyakarta ke Semarang naik mobil dan kereta. Semoga informasi ini membantumu.

(elk/inf)

Membagikan
Exit mobile version