Sabtu, Oktober 12


Jakarta

Berbarengan dengan peluncuran Yamaha YZF-R3 terbaru, Yamaha Eropa juga memperkenalkan Yamaha YZF-R9 versi 2025. Yamaha YZF-R9 terbaru dibekali desain muka yang lebih gahar dengan tambahan winglet.

Dikutip dari situs resmi, Yamaha YZF-R9 2025 membawa mesin 890 cc, 3 silinder, CP3, DOHC, dengan performa ala motor supersport, yang cocok digunakan di sirkuit maupun di jalan raya. Sayangnya, tak disebutkan berapa output tenaga dan torsi motor sport fairing baru Yamaha ini.


Yamaha YZF-R9 2025 Foto: Dok. Yamaha

Jika berkaca pada mesin yang digunakan model naked bike MT-09, mesin crossplane tersebut bisa menghasilkan output tenaga sebesar 120 dk dan torsi sekitar 85,4 Nm. Tapi harapannya, mesin Yamaha YZF-R9 2025 memiliki output tenaga dan torsi yang lebih besar daripada MT-09.

Kemudian untuk rangkanya menggunakan aluminium dengan arsitektur deltabox, yang ringan namun kokoh. Rangka tersebut ditopang dengan suspensi upside down lansiran merek KYB dengan spesifikasi tinggi dan distribusi bobot 50/50.

Dari segi elektronik, Yamaha YZF-R9 2025 sudah dilengkapi Inertial Measurement Unit (IMU) 6 sumbu, dengan fitur-fitur elektronik meliputi Traction Control System atau TCS, three-mode Slide Control System (SCS), three-mode Lift Control System (LIF), serta Brake Control System (BC).

Yamaha YZF-R9 2025 Foto: Dok. Yamaha

Bicara soal desain, Yamaha YZF-R9 versi 2025 memiliki tampilan yang sporti khas keluarga R-Series. Lampu depan menggunakan LED proyektor dengan rumah lampu punya bentuk seperti huruf ‘M’. Di kedua sisinya terdapat lampu DRL LED yang berbentuk seperti alis. Selanjutnya lampu sein terintegrasi dengan kaca spion, jadi lebih minimalis.

Detail lain yang baru pada YZF-R9 2025 adalah adanya tambahan winglet yang terintegrasi dengan fascia dan bagian sayap. Tidak hanya menambah kesan sporty, winglet itu juga berfungsi sebagai sistem aerodinamika yang tentunya sangat berguna untuk di lintasan sirkuit.

Yamaha YZF-R9 2025 dibanderol dengan harga sekitar USD 12.499 atau setara Rp 194,7 juta. Selain biru, motor ini juga ditawarkan dalam pilihan warna hitam, serta putih.

Yamaha YZF-R9 2025 Foto: Dok. Yamaha

(lua/dry)

Membagikan
Exit mobile version