Minggu, Juli 7


Jakarta

Yamaha Cygnus Gryphus model 2025 resmi meluncur di Taiwan. Motor matik yang terkenal irit bahan bakar tersebut mendapat sejumlah pembaruan minor, mulai dari eksterior hingga fitur-fiturnya.

Disitat dari Greatbiker, Kamis (4/7), Yamaha Cygnus Gryphus hanya dipasarkan di dua negara saja, yakni Jepang dan Taiwan. Tunggangan tersebut ditujukan untuk konsumen perkotaan dengan mobilitas harian. Itulah mengapa, dimensinya dibuat kompak seperti motor entry level pada umumnya.

Secara desain, Cygnus Gryphus baru tak berbeda dibandingkan model sebelumnya. Hanya saja, pabrikan memberikan opsi warna dan stripping baru yang lebih modern. Motor matik tersebut kini mendapat tambahan tiga corak kelir, yakni champion blue, white blue dan dark gray matte.


Yamaha Cygnus Gryphus 2025. Foto: Doc. Yamaha Taiwan.

Sementara bagian-bagian lain di eksteriornya masih sama. Kendaraan itu menggunakan lampu utama (headlamp) dengan sepasang sein yang ‘ditanam’ terpisah. Kemudian ada tambahan pelindung atau cover di bagian batok kepala dan spakbor depan.

Bagian tengah hingga ke belakang terlihat sporty berkat tarikan-tarikan agresif. Selongsong knalpotnya dibuat menanjak dan handle jok belakangnya dirancang terpisah.

Yamaha Cygnus Gryphus model 2025 menggunakan mesin BlueCore baru milik All New Yamaha Lexi. Dapur pacu tersebut punya kapasitas 124cc berkatup empat dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga 12 dk pada 8.000 rpm dan torsi 11 Nm pada 6.000 rpm.

Menurut sumber lain, kuda besi tersebut punya konsumsi bahan bakar yang cukup impresif, yakni 48,6 km/liter. Sementara kapasitas tangkinya 6,1 liter. Itu tandanya, dalam kondisi full tank, motor bisa dipakai untuk menempuh jarak 296-297 km!

Yamaha Cygnus Gryphus 2025.Yamaha Cygnus Gryphus 2025. Foto: Doc. Yamaha Taiwan.

Nilai jual lain dari Cygnus Gryphus baru terletak pada teknologinya yang canggih. Motor tersebut sudah dibekali pencahayaan full LED, layar TFT 4,3 inch yang bisa terhubung ke ponsel melalui fitur Y-connect, USB 3.0 untuk mengisi daya ponsel, sistem nirkunci pintar atau smart keyless dan masih banyak lagi.

Yamaha Cygnus Gryphus baru sudah mulai dipasarkan di Taiwan. Konsumen setempat yang berminat harus menyiapkan mahar NT$88.300 atau sekira Rp 44,4 jutaan. Nominal tersebut agaknya cukup mahal untuk motor matik sekelas 125cc.

(sfn/din)

Membagikan
Exit mobile version