Kamis, Oktober 10


Jakarta

Yamaha memperkenalkan R3 terbaru. Lampu depannya mendapatkan update, body-nya terlihat makin ramping, fiturnya juga bertambah.

Dalam website resmi Yamaha Motorsport, YZF-R3 ini terinspirasi dari bahasa desain motor MotoGP YZR-M1. Tampilan mukanya dibuat lebih agresif, ‘mata’ dari YZF-R3 ini makin sipit, ditambah ram air duct yang masih tetap dipertahankan namun terdapat proyektor diapit empat bilah lampu. Semua sektor lampu-lampu juga sudah mengusung teknologi LED.

Yamaha R3 Foto: Yamaha

Selain itu fairing depan makin agresif dipadukan panel samping yang ramping. Berbeda dengan R25 atau R3 sebelumnya yang masih sedikit lebih lebar.


Lanjut ke bagian belakang, R3 sekarang tetap sporty, dan wind tail sayap yang khas dari R-series.

Yamaha R3 Foto: Yamaha

Pembaruan lainnya, kini Yamaha R3 2025 dibekali fitur konektivitas smartphone Yamaha Motorcycle Connect (Y-Connect) yang bekerja bersama dengan aplikasi Y-Connect yang tersedia secara gratis (tersedia untuk iOS dan Android). Fitur ini sudah terpasang pada motor-motor skutik Yamaha, yang memungkinkan koneksi langsung antara motor dan smartphone. Kemampuan Y-Connect untuk R3 mencakup kemampuan untuk melihat panggilan masuk, email dan pesan.

Fungsi tambahan yang berguna termasuk memantau dan memberi tahu pengendara atau kontak lain tentang masalah teknis sepeda motor, dan kemampuan untuk melacak dan merekam data utama perjalanan sepeda motor dalam aplikasi, termasuk jarak yang ditempuh, konsumsi bahan bakar, akselerasi, lokasi sepeda motor, dan banyak lagi.

Yamaha R3 juga dilengkapi layar Multi Informasi Display (MID) LCD desain terbaru, sekarang layar itu menampilkan informasi smartphone yang terhubung dengan data kendaraan yang penting.

Untuk menunjang kepraktisan, terdapat juga soket USB-A baru yang terletak di sebelah layar yang menyediakan daya yang nyaman untuk pengisian daya ponsel atau gadget.

Assist and Slipper Clutch pertama kali terpasang di YZF-R3. Fitur ini membuat motor semakin halus saat perlambatan mesin dan mudah dikendalikan saat menurunkan gigi, sekaligus mengurangi tenaga yang dibutuhkan untuk menarik tuas kopling sehingga mengurangi kelelahan pada tangan.

Tidak disebutkan ada perubahan pada sektor dapur pacu. YZF-R3 ini masih dibekali mesin 321 cc, berpendingin cairan, 4-tak, DOHC dua silinder. Ukuran bore x stroke-nya juga sama, yakni 68 mm x 44,1 mm. Tenaga disalurkan melalui transmisi 6 percepatan.

Well, kalau tampang R3 sudah berubah gini, cikal bakal R25 bakal segera meluncur di Indonesia, nih?

Yamaha Indonesia memproduksi motor ini di pabrik Pulogadung, Jakarta. Motor kemudian diekspor ke luar negeri.

(riar/rgr)

Membagikan
Exit mobile version