Sabtu, September 21


Jakarta

Wuling Motors mengumumkan akan memproduksi baterai mobil listrik di Indonesia mulai akhir 2024. Baterai tersebut diklaim punya ketahanan yang baik dan manajemen yang cerdas!

Liu Yan selaku Marketing Operation Director Wuling Motors mengatakan, keputusan memproduksi baterai secara lokal merupakan bentuk komitmen jangka panjang dari Wuling untuk industri otomotif di Indonesia.

“Wuling akan meneruskan langkah untuk memproduksi baterai Wuling EV di Indonesia pada akhir 2024. Langkah ini sebagai bentuk komitmen Wuling dalam berpartisipasi membangun ekosistem EV di Indonesia dan menambah kenyamanan serta ketenangan bagi setiap pemilik Wuling EV,” ujar Liu Yan, dikutip Sabtu (21/9).


Baterai Wuling. Foto: Doc. Wuling Indonesia.

Baterai Wuling yang bakal diproduksi lokal tersebut bernama MAGIC Battery. Magic merupakan kependekan dari (M)ultifunction Unitized Structure Technology, (A)dvanced Cell Safety, (G)reater Performance, (I)ntelligent Management dan (C)ombustion Free.

Baterai MAGIC milik Wuling telah melalui serangkaian pengujian untuk membuktikan kualitasnya, mulai dari uji bentur, uji redam, hingga uji tembak. Komponen tersebut aman dan tak meledak lantaran memakai struktur khusus yang sangat kuat.

“Baterai ini punya kemampuan modular yang membuatnya mudah diperbaiki dan lapisan keramik sebagai konduktor panas yg rendah. Ini bisa mengurangi kemungkinan korslet dan bocor,” kata dia.

Wuling Air ev Lite Long Range. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

Bukan hanya itu, baterai tersebut juga punya high precision BMS yang berbasis cloud. Sehingga, pemilik kendaraan bisa memantau kesehatan komponen secara real time. Hal tersebut tentu akan memberikan rasa aman tambahan.

Baterai produksi lokal itu rencananya akan dipakai di tiga mobil listrik Wuling, yakni Air ev, BinguoEV dan Cloud EV. Sementara investasi yang dikeluarkan untuk pembangunan pabrik fase pertama mencapai 500 juta USD atau sekira Rp 7,6 triliunan!

Kabarnya, meski akan memproduksi baterai sendiri, Wuling tetap menjalin kemitraan dengan Gotion sebagai penyuplai komponen.

(sfn/lth)

Membagikan
Exit mobile version