Sabtu, Juli 6


Jakarta

Viral sebuah organisasi yang membagikan proses pembuatan es krim secara tradisional. Mereka menyebutkan proses tersebut banyak dilakukan tahun 1890.

Proses pembuatan makanan atau minuman secara tradisional memang menarik perhatian. Apalagi kalau melibatkan alam dalam proses membuat atau memasaknya.

Dilansir dari NDTV (1/7), sebuah organisasi di Amerika Serikat banyak membagikan video seputar alam. Belum lama ini, mereka juga mengunggah proses pembuatan es krim secara tradisional.


Proses pembuatan es krim tersebut diketahui banyak digunakan pada 1890-an. Pada masa itu belum ditemukan freezer yang memakai daya listrik. Video itupun menarik perhatian banyak orang.

Organisasi dengan akun Instagram @dupageforest itu membagikan video tersebut. Pembuatan es krim itu berlangsung di Kline Creek Farms di Illinois, Amerika Serikat.

Proses pembuatan es krim secara manual itu memiliki beberapa langkah. Pertama, harus memanen es di musim dingin. Mereka memperlihatkan bagaimana orang-orang memotong balok-balok es berukuran besar dan menyimpannya di dalam rumah es.

Proses pembuaan es krim tahun 1890-an Foto: Instagram/ dupageforest

Bongkahan es yang diambilnya dari alam itu kemudian disimpan bersama dengan jerami. Ternyata, es tersebut bisa bertahan cukup lama hingga musim panas.

Terlihat dalam video kalau ada beberapa orang turun ke dalam rumah es dan mengambil bongkahan es besar yang masih tertutup jerami. Lalu, ada juga beberapa orang yang memanen raspberry dari kebun.

Mereka juga tampak memerah susu sapi dan mengumpulkan telur dari ayam ternak. Setelah mengumpulkan bahan-bahannya, mereka mulai menyiapkan es krim.

Satu liter susu itu dipanaskan di atas tungku kayu. Ia juga menambahkan 6 butir kuning telur dan 227 gram gula ke dalam susu yang dipanaskan, lalu diaduk merata.

Raspberry dihaluskan menggunakan saringan untuk mendapatkan pure yang halus, yang ditambahkan ke dasar susu bersama dengan krim. Setelah semua bahan tercampur dengan baik, campuran tersebut dituangkan ke dalam churn canister atau tabung besi.

Bongkahan es yang masih ada sisa jerami itu tidak dicampurkan, tetapi hanya untuk mendinginkan mesin es krim saja. Mesin es krim manual itu juga dirakit sendiri menggunakan tabung besi.

Tabung besi berisikan adonan es krim itu lalu diputar-putar hingga membeku. Hasilnya es krim raspberry yang segar itu dapat dinikmati. Namun, teksturnya memang tak sebeku jika disimpan dalam freezer.

(yms/odi)

Membagikan
Exit mobile version