Jumat, September 27

Jakarta

Bukan berwarna hijau segar, selada ini warnanya emas mengkilat. Selada hasil rekayasa genetik para ilmuwan ini juga kaya akan vitamin A.

Selada kerap digunakan sebagai campuran salad, burger, sandwich, atau jika di Indonesia populer sebagai lalapan. Selada biasa tumbuh di daerah beriklim sedang maupun daerah tropika

Warnanya hijau cerah dengan sisi daun yang bergelombang. Namun, berbeda dengan selada yang satu ini, karena warnanya emas mengkilat. Karenanya disebut juga sebagai selada emas.


Dikutip dari Food NDTV (23/09/24) selada emas tersebut merupakan hasil rekayasa genetik oleh para ilmuwan di Plant Journal. Selain warnanya, yang menarik lagi dari selada ini adalah kandungan vitamin A yang tinggi.

1. Selada disuntik vitamin A

Wow! Selada Berwarna Emas Ini Punya Kandungan Vitamin A Tinggi Foto: Universitas Politecnica de Valencia

Dalam 100 gram selada hijau normal mengandung vitamin A sebanyak 7.405 IU. Para ilmuwan menambahkan 30 kali lebih banyak vitamin A ke selada. Ini membuat kandungan vitamin A-nya tinggi, khususnya pada antioksidan yang disebut sebagai beta-karoten.

Vitamin A ditambahkan ke selada melalui proses yang disebut biofortifikasi. Ini melibatkan meningkatkan kepadatan nutrisi tanaman pangan tanpa mengurangi kualitasnya.

Dengan menggunakan teknik bioteknologi dan perawatan dengan intensitas cahaya tinggi, para ilmuwan melipatgandakan kadar beta-karoten dalam daun hingga 30 kali lipat.

Menurut World Health Organization (WHO), proses itu dilakukan dengan menciptakan tempat baru untuk menyimpannya tanpa mempengaruhi proses penting seperti fotosintesis.

2. Bermanfaat untuk kesehatan

WHO juga menjelaskan bahwa beta-karoten merupakan prekursor utama vitamin A dalam makanan manusia. Beta-karoten memiliki sifat antioksidan, imunostimulan, dan meningkatkan kognitif.

Secara khusus, beta-karoten adalah prekursor utama retinoid, senyawa kimia dengan fungsi penting tubuh, seperti penglihatan, proliferasi dan diferensiasi sel, sistem kekebalan tubuh.

Nah, tingkat antioksidan yang tinggi tersebut membuat beta-karoten memberi warna kuning pada selada ini. Karenanya pada sisi daun selada muncul warna keemasan.

Manfaat selada emas untuk kesehatan ada di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version