Rabu, Oktober 23


Jakarta

Penemuan makanan berusia puluhan atau ratusan tahun sering terjadi saat membersihkan rumah. Seperti dialami seorang pria yang menemukan cokelat 122 tahun.

Cokelat merupakan makanan yang banyak dijual perusahaan makanan sejak dulu. Bahkan, ada produk cokelat yang telah ada sejak ratusan tahun lalu.

Dilansir dari The Sun (20/10), seperti produk cokelat berusia ratusan tahun yang ditemukan oleh seorang pria di Inggris. Pria itu menemukan cokelat tersebut saat membersihkan rumahnya.


Produk cokelat ratusan tahun yang ditemukan itu dikemas menggunakan kaleng. Cokelatnya masih utuh, bahkan tampilan depan kemasannya juga masih terlihat jelas.

Cokelat antik yang berusia 122 tahun itu diketahui akan dilelang. Harganya diperkirakan akan laku sekitar £200 (Rp 4 jutaan).

Cokelat berusia 122 tahun ditemukan saat membersihkan rumah Foto: BNPS

Jay Goodman-Browne, selaku juru lelang mengatakan, bahwa cokelat itu merupakan barang ini sangat langka.

“Sangat luar biasa kalau cokelat itu tidak dimakan begitu lama, terutama karena pada saat itu cokelat tersebut dianggap sebagai suguhan istimewa,” lanjutnya.

Menurut Jay, cokelat merek tersebut dulunya adalah produk yang relatif baru. Jadi, tidak mengonsumsinya saat itu juga pasti menjadi tantangan yang berat.

“Kondisi cokelat itu tidak buruk mengingat usianya. Kertas peraknya masih ada dan kalengnya juga melindungi dengan baik,” jelas Jay.

Lelang temuan cokelat 122 tahun itu akan dilaksanakan pada 4 November. Produk cokelat itu juga diketahui masih ada hingga saat ini, tetapi jumlahnya terbatas. Karena itu harganya pun melambung tinggi.

Cokelat berusia 122 tahun ditemukan saat membersihkan rumah Foto: BNPS

Cokelat itu diproduksi oleh merek permen Inggris Rowntree’s. Cokelat yang diproduksi pada 1902 itu dikemas dalam kaleng berhiaskan gambar Raja Edward VII dan Ratu Alexandra.

Rowntree’s juga sudah ada sejak 1881. Perusahaan itu juga terkenal dengan permen kenyal Fruit Pastels dan Randoms.

(yms/odi)

Membagikan
Exit mobile version