Selasa, Oktober 22


Jakarta

Di Honolulu, Hawaii ada gerai nasi lemak milik seorang bule yang mencuri perhatian TikToker Malaysia. Ia menunjukkan nasi lemak yang dijual seharga hingga Rp 370 ribu!

Menemukan makanan tradisional asal negara kita saat di negara orang menjadi kegembiraan tersendiri. Sebab kita dapat merasakan cita rasa makanan tersebut sekaligus bangga bahwa makanan itu bisa dipasarkan di luar negeri.

Hal inilah yang dirasakan TikToker Malaysia bernama Aiman Arifin. Melalui unggahan TikTok aimanariffinnnn (19/10/2024), ia menunjukkan sebuah gerai nasi lemak mencuri perhatian di Hawaii.


Gerai tendaan itu memajang spanduk ‘Nasi Lemak Malaysian Coconut Rice’ berwarna kuning dan oranye terang. Aiman yang tertarik dengan gerai ini lantas menyambanginya.

Gerai nasi lemak ada di pasar tani di Honolulu, Hawaii. Foto: TikTok @aimanariffinnnn

Ia bilang lokasinya di sebuah pasar tani di Honolulu, Hawaii. Gerainya dimiliki seorang chef bule bernama Andrew Presllar.

Kepada Aiman ia mengungkap pertama kali mengenal makanan Malaysia saat kerja di New York yang merupakan negara asalnya. Saat itu Andrew masih berusia 16-17 tahun ketika bekerja untuk chef Zach Lazio yang punya restoran Malaysia di sana.

“Dia yang pertama kali memperkenalkan masakan Malaysia ke saya dan sejak itu saya menyukainya. Cita rasanya tak ada duanya, semuanya sangat cerah dan bersemangat. Pedas, manis, asin, asam, semuanya berpadu dengan baik,” kata Andrew.

Ia mengaku dapat sambutan positif saat menawarkan nasi lemak di Hawaii. Banyak orang memang belum tahu, tapi ketika mereka coba sampel atau membeli nasi lemak, mereka bakal kembali.

Andrew menawarkan nasi lemak dengan pilihan lauk ayam serai, rendang daging, dan kari vegan. Harganya mulai dari USD 18 (Rp 279 ribu) hingga USD 24 (Rp 372 ribu). Tersedia juga tambahan sambal bajak dan sambal belacan khas Malaysia.

Racikan nasi lemak di sini nonhalal karena ditambahkan abon babi. Foto: TikTok @aimanariffinnnn

Namun Aiman mengingatkan, selain harganya yang bikin kaget, topping nasi lemak ini juga membuatnya terkejut. Sebab Andrew menambahkan bahan nonhalal berupa abon babi.

Kreasi ini baru pertama kali dilihat Aiman. Ia pun tak jadi mencobanya karena mengandung babi.

Di kolom komentar, banyak netizen Malaysia mengungkap pandangannya. Mereka bilang kalau itu bukan nasi lemak sesungguhnya.

Ada yang menyoroti lauk-pauk yang tak sesuai hingga tampilan sambalnya yang lebih mirip sambal ayam penyet. “Seperti nasi campur lauk-lauk saja itu,” kata seorang netizen. “Sambalnya seperti sambal ayam penyet saja,” sahut yang lain.

Sebelumnya makanan Malaysia ditambahkan bahan nonhalal juga pernah mencuri perhatian. Nasi kandar ditawarkan dengan olahan daging babi.

(adr/odi)

Membagikan
Exit mobile version