Selasa, Oktober 1


Jakarta

Berbeda dari cokelat pada umumnya, cokelat Paskah ini usianya sudah mencapai 85 tahun dan diproduksi saat masa Perang Dunia II. Nilai lelangnya pun fantastis!

Penemuan barang antik tak hanya sebatas perhiasan atau pakaian saja, tapi makanan seperti cokelat kerap dilelang dengan harga tinggi karena dianggap bersejarah.

Salah satunya cokelat Paskah milik mendiang Sybil Cook yang berasal dari South Wales, Inggris. Dilansir dari DailyMailUK (22/03), Cook mendapatkan cokelat ini pada tahun 1939 ketika usianya masih sembilan tahun.


Saat itu sang paman memberikan cokelat Paskah tersebut untuk langsung dimakan oleh Cook. Namun Cook tak pernah menyentuh cokelat itu karena tidak tega untuk dimakan. Akhirnya Cook menyimpan cokelat tersebut dengan baik selama puluhan tahun melewati masa Perang Dunia II.

Wow! Cokelat Paskah Berusia 85 Tahun Ini Dilelang Seharga Rp 10 Juta Foto: DailyMailUK

Cokelat Paskah yang disimpanya ini memiliki konsep yang menggemaskan, dengan mengusung tema ‘Mary Mary Quite Contrary’. Cokelat bentuk telur dilapisi dengan kertas berwarna biru dan putih, lengkap dengan boneka mungil di dalam cokelat itu.

Ketika Cook meninggal pada di 91 tahun pada 2021, barulah kotak cokelat ini ditemukan kembali. Pihak keluarga akhirnya memutuskan untuk melelang cokelat ini sebagai penghormatan kepada Cook yang tak pernah memakannya meski dia sangat suka cokelat.

Menurut salah satu putri Cook yaitu Gill Bolter, sang ibu menyimpan cokelat tersebut di dalam kamarnya selama 60 tahun sebelum diberikan kepadanya.

“Ibu saya sangat suka cokelat. Dia lahir di tahun 1930, dan ketika cokelat itu diberikan usianya baru sembilan tahun. Dengan Perang Dunia II yang tengah berlangsung, sang paman memberikannya cokelat itu karena takut Cook tidak akan bisa menyantap cokelat lagi,” kenang Gill.

Menurut Gill salah satu alasan mengapa ibunya tak pernah mau menyentuh cokelat itu, karena sang ibu merasa cokelat itu sudah melalui masa Perang Dunia II sehingga dia tidak tega untuk memakannya.

“Bagian belakang kotak ada robek sedikit, karena ibu saya penasaran ingin melihat cokelat di balik bungkusan itu,” pungkas Gill.

Wow! Cokelat Paskah Berusia 85 Tahun Ini Dilelang Seharga Rp 10 Juta Foto: DailyMailUK

Rencananya cokelat vintage bersejarah ini akan dilelang lewat Hansons Auctioneers, harganya diprediksi di angka £300-£500 (Rp 6 juta – Rp 10 juta), tapi bisa lebih tergantung penawaran saat lelang.

Selain cokelat bentuk telur, semua kotak dan boneka serta tulisan nama Sybil Cook juga termasuk ke dalam paket cokelat ini.

“Kisah tentang cokelat Paskah ini menyentuh hati saya. Cokelat ini menjadi pengingat indah akan perjuangan orang-orang yang harus berhemat makanan saat perang,” pungkas Charles Hanson selaku pemilik dari rumah lelang Hansons Auctioneers.

Selain cokelat Paskah berusia puluhan tahun, sebelumnya ada juga cokelat yang dibuat untuk penobatan raja Inggris pada tahun 1902 ini kondisinya masih utuh. Setelah 121 tahun berselang, cokelat ini siap dilelang.

Baca Juga: Wow! Cokelat Berusia 121 Tahun Ini Siap Dilelang dengan Harga Mahal” selengkapnya

Simak Video “Melihat Fenomena War Takjil di Benhil
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

Membagikan
Exit mobile version