Jumat, Desember 20


Jakarta

Pariwisata Thailand memang sulit disaingi. Negeri gajah putih tercatat sebagai tujuan utama wisatawan internasional pada Desember 2024 berdasarkan data dari platform manajemen pendapatan hotel global, SiteMinder.

Pemesanan kamar hotel internasional di negara itu meningkat sebesar 87%, naik dari 84% pada periode yang sama tahun lalu, menandakan daya tarik Thailand bagi wisatawan dari seluruh dunia.

Melansir Pattaya Mail, Jumat (20/12/2024) pertumbuhan sektor perhotelan Thailand tercermin dalam beberapa metrik kunci. Tarif harian rata-rata kamar hotel naik sebesar 16%, dari 7.149 baht (Rp 35 juta) menjadi 8.313 baht (Rp 40 juta) mengalahkan rata-rata global.


Rata-rata lama menginap juga meningkat 5% menjadi 2,76 hari, sementara waktu pemesanan meningkat 10%, dari 85 hari menjadi 93 hari.

Destinasi seperti Bangkok, Chiang Mai, dan Phuket terus menjadi pilihan utama wisatawan internasional, berkat atraksi budaya yang unik dan keramahan penduduk lokal. Kota-kota tersebut semakin populer sebagai tempat perayaan liburan, yang tidak hanya meningkatkan pendapatan pariwisata, tetapi juga memberikan manfaat bagi industri perhotelan lokal.

Sektor pariwisata Thailand terus menunjukkan kinerja yang mengesankan, memperkuat posisinya sebagai tujuan wisata utama dunia. Pertumbuhan sektor ini memberikan peluang ekonomi yang signifikan bagi bisnis lokal, khususnya di bidang perhotelan, karena Thailand semakin memaksimalkan daya tariknya bagi wisatawan internasional.

Platform perjalanan Agoda juga melaporkan peningkatan 14% dalam pencarian akomodasi untuk musim liburan Natal dibandingkan tahun lalu, dengan Bangkok menjadi kota paling banyak dicari, mengalahkan Tokyo. Kota-kota lain yang masuk dalam daftar pencarian tertinggi termasuk Seoul, Taipei, dan Osaka.

Untuk perayaan Malam Tahun Baru, Bangkok berada di peringkat kedua secara global, hanya kalah dari Tokyo. Lima besar lainnya meliputi Taipei, Pattaya, dan Osaka.

Daya tarik Bangkok sebagai tujuan liburan semakin terlihat jelas, terutama di musim dingin, berkat suasana kota yang semarak dan berbagai tawaran budaya yang menarik bagi wisatawan.

“Peningkatan perjalanan Natal luar biasa, dengan Bangkok sebagai pemimpin. Kami bangga dapat membantu wisatawan menemukan tempat yang tepat untuk merayakan musim liburan dengan mudah dan terjangkau,” kata Senior Country Director Agoda, Pierre Honne yang dikutip dari The Nation.

Minat terhadap Thailand pada saat malam tahun baru sangat tinggi, terutama di kalangan wisatawan dari Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, dan India. Sementara itu, wisatawan domestik Thailand lebih tertarik pada destinasi seperti Pattaya, Bangkok, Khao Yai, Chiang Mai, dan Hua Hin/Cha-am.

Bagi wisatawan Thailand yang ingin merayakan tahun baru di luar negeri, kota-kota seperti Tokyo, Hong Kong, Taipei, Shanghai, dan Osaka menjadi pilihan utama.

(upd/fem)

Membagikan
Exit mobile version