Kamis, Juli 4

Jakarta

Bulan lalu WhatsApp merilis fitur Event untuk Komunitas yang memungkinkan admin membuat pengumuman untuk event seperti rapat atau kegiatan lainnya. Kini fitur yang sama dibawa ke grup reguler.

Menurut laporan WABetaInfo, WhatsApp mulai menggulirkan fitur event di grup untuk beta tester di Android dan iOS. Fitur ini sudah tersedia di WhatsApp beta untuk Android versi 2.24.14.9 dan WhatsApp beta untuk iOS versi 24.13.72.

Fitur baru ini memungkinkan pengguna membuat dan mengelola event langsung dari grup. Sebelumnya fitur ini hanya tersedia untuk grup yang tergabung di dalam Komunitas.


Untuk membuat event baru di grup, pengguna WhatsApp bisa mengetuk ikon attachment berbentuk penjepit kertas di kolom chat. Setelah itu pilih ikon ‘Event’ dengan gambar kalender.

Fitur Event di grup WhatsApp Foto: WABetaInfo

Setelah itu masukkan detail tentang event seperti nama, deskripsi, tanggal, dan lokasi opsional. Pembuat event juga bisa memilih apakah panggilan telepon atau panggilan video dibutuhkan.

Setelah event dibuat, semua anggota grup WhatsApp bisa melihat event dan detail di dalamnya, serta pembuat event bisa memperbarui detail jika dibutuhkan. Pengguna juga bisa menerima atau menolak undangan untuk mengikuti event tersebut, seperti dikutip dari WABetaInfo, Senin (1/7/2024).

Perlu diingat bahwa event yang dibuat di grup WhatsApp juga dilindungi oleh enkripsi end-to-end. Artinya hanya anggota grup yang bisa mengakses informasi tentang event dan komunikasi di dalamnya.

Fitur event untuk grup sudah tersedia untuk sejumlah pengguna WhatsApp yang menginstal update versi terbaru via Google Play Store dan Apple App Store. Fitur ini akan diluncurkan untuk semua pengguna dalam beberapa pekan ke depan.

Ke depannya, WhatsApp sedang menjajaki beberapa fitur untuk meningkatkan grup di komunitas yang kemungkinan akan dibawa ke grup reguler. Beberapa di antaranya adalah pengingat untuk event dan opsi untuk memasang foto cover.

(vmp/afr)

Membagikan
Exit mobile version