Jumat, Oktober 18

Jakarta

WhatsApp kembali meningkatkan privasi miliaran penggunanya lebih baik lagi dengan mengembangkan fitur dengan memberikan pengguna lebih banyak kontrol atas pesan yang mereka terima.

Sebelumnya, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan alamat IP dalam sebuah panggilan. Kini pengguna nantinya bisa menonaktfikan pratinjau tautan dalam sebuah obrolan.

Dilansir detiKINET dari Android Headlines, Sabtu (23/3/2024) fitur yang dinamai Disable link previews/Nonaktifkan pratinjau tautan, saat ini sedang dalam tahap uji coba pada WhatsApp beta Android 2.24.7.12. Diharapkan akan segera diluncurkan untuk semua pengguna dalam program beta dengan pembaruan di masa mendatang.


Fitur WhatsApp Nonaktikan Pratinjau Tautan. Foto: Dok. WABetaInfo

Pratinjau tautan, memungkinkan pengguna untuk melihat informasi ringkas tentang sebuah tautan sebelum mengkliknya. WhatsApp biasanya mengandalkan servernya untuk menghasilkan pratinjau ini.

Namun, terkadang pratinjau ini dapat mengekspos informasi sebelum penerima mengeklik tautan, sehingga berpotensi menimbulkan clickbait.

Untuk mengatasi hal ini, WhatsApp mengembangkan opsi untuk menonaktifkan pratinjau tautan, sehingga pengguna memiliki pilihan untuk membuat pratinjau atau tidak ketika membagikan tautan. Hal ini bertujuan agar pengguna lebih berhati-hati dan melindungi informasi sensitif yang terkandung dalam pratinjau.

Dengan menawarkan opsi baru ini, WhatsApp bertujuan untuk memberikan kontrol lebih besar kepada pengguna atas interaksi online mereka dan informasi yang mereka bagikan.

Meskipun menonaktifkan pratinjau tautan dapat mengurangi risiko tautan yang menyesatkan, namun perlu untuk diperhatikan bahwa pengguna masih dapat melihat URL sebenarnya ketika tautan dibagikan.

Selain itu, pelaku kejahatan mungkin menggunakan pemendek tautan yang menipu untuk mem-bypass kontrol ini. Namun demikian, lapisan kontrol tambahan ini memungkinkan pengguna untuk lebih berhati-hati dan membuat keputusan yang tepat tentang tautan yang mereka klik dalam obrolan WhatsApp.

Pembaruan yang akan datang saat ini sedang dalam tahap pengembangan dalam versi beta WhatsApp, tanpa tanggal rilis yang diumumkan. Setelah diimplementasikan, pengguna akan menemukan opsi untuk menonaktifkan pratinjau tautan dalam pengaturan WhatsApp mereka.

Fitur ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan WhatsApp untuk memprioritaskan privasi dan keamanan pengguna. Pun demikian, meski pratinjau tautan dinonaktifkan, pengguna masih akan terus melihat pratinjau tautan dari kontak mereka kecuali jika mereka menonaktifkannya dari pihak mereka.

Simak Video “WhatsApp Akan Hadirkan Fitur Transfer File ala Quick Share
[Gambas:Video 20detik]

(jsn/jsn)

Membagikan
Exit mobile version